Presiden Joko Widodo bersama Gubernur JAwa Barat Ganjar Pranowo. Dok: ist

JAKARTA – Hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden yang dipilih masyarakat dirilis Lembaga Survei Charta Politika Indonesia, Kamis (22/12/2022).

Dalam survei pada Desember 2022, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih unggul dibandingkan calon presiden (capres) lainnya.

Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan masyarakat sebanyak 31,7 persen.

Kemudian, pada posisi kedua ditempati mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Baswedan, yang mendapatkan 23,9 persen.

Posisi ketiga, yakni Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, memperoleh dukungan 23 persen.

Ketiga nama tersebut, menempati urutan teratas dalam pilihan publik pada simulasi 10 nama maupun simulasi 3 nama.

“Pada simulasi elektabilitas 3 nama, Ganjar Pranowo (37 persen), Anies R Baswedan (29,2 persen) dan Prabowo Subianto (26,1 persen),” tulis Charta Politika dalam rilis yang diunggah di situs resminya, chartapolitika.com, Kamis (22/12/2022).

Diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo semakin melejit berdasarkan survei yang dilakukan pernah Charta Politika.

Sebelumnya, kader PDIP juga unggul dalam survei elektabilitas capres yang dirilis Charta Politika pada Selasa (29/11/2022) lalu.

Tingkat elektoral pria berambut putih itu tembus angka 30 persen.

“Ganjar Pranowo masih ada di peringkat pertama dengan angka 32,6 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, beberapa waktu lalu.

Dalam survei yang dirilis sebelumnya atau September 2022, Ganjar pun menempati urutan puncak dengan tingkat elektabilitas 31,3 persen.

“Kalau di bulan September itu masih dipegang oleh Pak Prabowo dengan peringkat kedua, sekarang Pak Prabowo di tingkat ketiga,” ucap  Yunarto.