Pulau Panangalat di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Dok: ist

JAKARTA – Ada nama Pulau Panangalat di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bertuliskan dijual di International Surf Properties, sebuah situs jual beli properti asing. Pulang Panangalat dibanderol seharga US$1,005 juta atau Rp15,57 miliar.

Untuk diketahui, Pulau Panangalat di Mentawai merupakan salah satu spot terkenal dengan wisata selancar atau surfing yang menawan. Pulau Panangalat sendiri tepatnya berada di kawasan Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Namun, belakangan postingan di situs International Surf Properties tentang penjualan Pulau Panangalat dihapus. Sebelumnya, situs ini juga memuat penawaran untuk investor yang ingin berinvestasi di pulau tersebut.

Harga untuk berinvestasi di Pulau Panangalat yang ditetapkan situs itu yakni minimal sebesar US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Dalam keterangan di situs itu juga disebutkan bahwa resor telah dibangun di Pulau Panangalat.

Berdasarkan penelusuran, pulau ini memiliki luas 48.000 meter persegi. Resor yang telah ada dibangun pada 2019. Properti tersebut tercantum dengan ID kode ISP-ISP-22794.