TANAHDATAR– Kapolsek Pariangan AKP Surya Wahyudi melaksanakan giat Jumat Curhat di Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Jumat (11/8/2023).

Program Jumat Curhat ini dilaksanakan dalam rangka mendengar keluhan, informasi dan aduan masyarakat terkait kondisi terkini Kamtibmas di Wilayah Hukum Polsek Pariangan.

Kedai milik salah satu warga  di Nagari Batu Basa menjadi pilihan dalam giat Jumat Curhat yang dimulai sekitar pukul 09.33 WIB itu.

AKP Surya mengatakan Jumat curhat dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat atau menerima aduan yang bisa segera ditindak lanjuti, serta menjalin silaturahmi kepada masyarakat dalam Wilayah Hukum Polsek Pariangan.

Pada kegiatan tersebut Kapolsek menerima keluhan masyarakat dari berbagai kalangan masyarakat.

Aduan masyarakat yang diterima antara lain adalah permasalahan adanya pengendara menggunakan sepeda motor dengan knalpot brong dan ugal-ugalan dalam berkendara.

Menanggapi hal tersebut, Surya menyampaikan bahwa Polsek Pariangan beserta jajaran telah beberapa kali melaksanakan teguran dan penertiban kepada pengendara sepeda motor agar melengkapi kelengkapan kendaraan sesuai standart.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan Satuan Lalu-lintas Polres Tanah Datar untuk melakukan penertiban ke depannya,” ujar dia.

Selain itu lanjutnya, Polsek Pariangan juga menginformasikan adanya karban pecurian sepeda motor minggu lalu di SMPN 3 tabek yang pelakunya masih dalam pencarian.

Surya meminta masyarakat waspada dan hati-hati memakirkan motor.

“Kalau parkir motor di tempat yang aman, kunci setang dan pakai kunci ganda, kalau seandainya ada kehilangan motor, silahkan melapor langsung ke Polsek,” kata dia.

Selain itu masyarakat juga mengeluhkan permasalahan tentang penanggulangan dan pencegahan agar generasi muda tidak terjerumus narkoba.

Surya menyampaikan terkait masalah penanggulangan penyalahgunaan narkoba penting adanya peran serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Orang Tua dalam memberantas Penyalahgunaan Narkoba.

“Polsek Pariangan akan berkoordinasi dengan Pemerintahan Nagari Batu Basa untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan penyalahgunaan Narkoba. Seperti memberikan penyuluhan tentang Narkoba atau membuat kegiatan-kegiatan positif yang dapat menghindarkan masyarakat khususnya generasi muda dalam menggunakan Narkoba,” jelas Kapolsek Surya.

Sementara yang terakhir permasalahan tentang kenakalan remaja dan penyakit masyarakat yang marak terjadi dalam hal ini tindak asusila.

Kanit Intelkam Bripka Hanif Akbar menyampaikan, dalam hal ini sangat penting peranan Alim Ulama, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat untuk memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya pemuda dan pemudi untuk menjauhi perbuatan zina.

“Terkait permasalahan hukumnya untuk perbuatan zina, dalam kitab Hukum Pidana yang dapat diproses dalam hukum apabila korban anak di bawah umur atau seorang perempuan yang telah bersuami dan atau seorang laki-laki yang telah beristri. Dengan diawali Laporan Polisi selanjutnya akan ditindak lanjuti,” ujar dia.

Kegiatan ini juga diikuti oleh memuda jorong Batu Basa Sumitra, tokoh masyarakat khatik Irvan, Ninik Mamak serta masyarakat Jorong Batu Basa.

Turut mendampingi, Aiptu Hosra Kasium, Aipda Robian Romer, Aipda Aris Ardianto Kanit Samapta, dan Bripka Hanif Akbar Kanit Intelkam.

Jurnalis: Debi Putra