Pj Gubernur DKi Jakarta, Heru Budi Utomo di kantor ATR/BPN, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasionall (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengadakan pertemuan dengan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Utomo untuk membahas rencana tata ruang wilayah (RTRW )DKI Jakarta .

Heru mengatakan pembahasan pertemuan tersebut soal nasib RTRW DKI Jakarta usai tak lagi menjadi status Ibu Kota

“Jadi sinkronisasi rencana tata ruang wilayah, kan kemarin beberapa bulan yang lalu sudah ke Bappenas, lantas Kementerian PUPR, kemudian hari ini saya menghadap Menteri ATR untuk menyampaikan konsep dan mohon koreksi dan arahan Pak Menteri ATR, itu saja,” kata dia saat ditemui di kantor ATR/BPN, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023).

Ada beberapa poin yang menjadi fokus pembicaraan antara Hadi Tjahjanto dan Heru Budi. Tak pelak permasalahan transportasi hingga tanggul laut.

“Pertama, transportasi, konsep transportasi bisa masuk ke daerah-daerah tetangga Jakarta. Terus tadi ada NCICD National Capital Integrated Coastal Development), lantas berikutnya pemanfaatan aset pasca IKN, itu poinnya,” jelasnya.

Sementara, saat dimintai keterangan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan hal serupa dengan Heru.

“Audiensi, kita hanya audiensi tentang RDTR aja se-DKI. Secara umum, pasca nanti kan kita mau ke IKN, nanti ke depannya akan seperti apa itu aja,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho