JAKARTA – Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nanny Hadi Tjahjanto berkerjasama dengan Persatuan Sarjana Hukum Indonesia (Persahi) dan Staff Khusus Presiden Angkie Yudistia Perayaan ini diadakan dengan mengundang pemenuhan hak anak penyandang disabilitas di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Sabtu (26/8/2023).

Acara tersebut menampilkan performance dan lomba disabilitas dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-78.

“Anak-anak dishabilitas sangat senang sekali dengan adanya perayaaan HUT RI ke 78 bersama Staff Khusus Presiden Angkie Yusdistia dan Persahi. Adapun acara tersebut sebagai bentuk kepedulian kami atas pemenuhan hak penyandang disabilitas, apalagi masih dalam suasana kemerdekaan. Jadi kita ingin punya acara yang makin inklusif,,” ujar dia kepada wartawan, Sabtu (26/8/2023).

Pihaknya juga akan menyambut peringatan Hari Agraria Nasional Tata Ruang (Hantaru) dengan tema mensejahterakan anak-anak disahbilitas dan bakti sosial disetiap Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan BPN di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Staff Khusus Presiden Angkie Yudistia mengapresiasi Kementerian ATR/BPN yang sudah melaksanakan acara dengan melibatkan penyandang disabilitas.

“Dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan skill secara vokasional. Kenapa harus meningkatkan hal tersebut dikarenakan dalam perlombaan nantinya akan di ikuti oleh anak-anak berkebutuhan khusus,” ucap dia.

Dia menyebut bahwa anak-anak difabel memiliki kelebihan dibalik keterbatasannya. Hal itulah yang menurutnya membuat Ikawati dan Persahi yang melihat potensi tersebut.

“Bagaimana mendukung sesama orang tua dan menguatkan orang tua bahwa anak yang hebat tumbuh karena orang tua yang hebat. Jadi inilah bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya,” ujar dia

Angkie berharap kedepannya semoga Indonesia jauh lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi pernah berkata bahwa tidak boleh ada satu pun orang yang tertinggal. Isu disabilitas ini adalah isu multi sektoral artinya semua pihak turut berkerjasama untuk mensupport penyandang disabilitas,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho