KENDARI – Untuk mendukung pelaksanaan Program Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjalin kerja sama dengan 51 lembaga dan institusi.

Kerja sama ini dilakukan antara Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sultra beserta Kantor Pertanahan di Sultra dengan kementerian/lembaga, instansi pendidikan, lembaga keagamaan, pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, serta TNI.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, di Rumah Jabatan Gubernur Sultra di Kendari, Senin (4/9/2023).

Sehubungan dengan itu, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto yang menyaksikan langsung sangat mengapresiasi kerja sama yang telah diinisiasi.

“Partisipasi aktif dari unsur pemerintahan dan seluruh pihak terkait sangat penting dalam mendukung percepatan penyelesaian PSN, khususnya di sektor agraria dan pertanahan,” tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Hari penandatanganan ini juga bertepatan dengan hari penghujung masa jabatan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Maka itu, Menteri ATR/Kepala BPN menilai saat ini adalah momentum baik dari akhir pengabdian gubernur.

“Di ujung masa pengabdian beliau, pada siang hari ini ada satu momentum yang sangat menggembirakan dan baru pertama kali terjadi, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ada 50 dan 1 komitmen dengan Danrem (Komandan Resort Militer, red), dan dihadiri seluruh Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, red),” ungkapnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi yang juga menyaksikan proses penandatanganan tersebut menyambut baik upaya bersama dalam mendukung pelayanan pemerintahan di Sultra ini.

Menurutnya, dengan sinergi yang dilakukan dapat menyukseskan PSN serta mendorong percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah.

Ali Mazi kemudian memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas daya dan upaya dari seluruh Kantor Pertanahan di Sultra. Ia juga berterima kasih atas kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN di Sultra pada hari penghujung masa jabatannya.

“Menteri ini sebagai suatu rahmat, artinya ditengah-tengah berakhirnya masa jabatan saya, masih dikunjungi Bapak Menteri ATR/Kepala BPN. Bersyukurlah bagi saya, mudah-mudahan kedatangan Bapak Menteri ini memberikan energi baru dan spirit untuk berjuang untuk bangsa dan negara ini,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN Provinsi Sultra, Asep Heri mengungkapkan salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Sultra, yaitu penyerahan dana hibah untuk 17 kabupaten/kota.

Beberapa di antaranya berupa Dana Hibah Pemerintah Daerah Kolaka dari APBD Perubahan Kabupaten Kolaka sebesar Rp1,2 miliar untuk kegiatan pengukuran serta pilot project Satu Peta Satu Data Berbasis Kelurahan dan Peraturan Bupati Kolaka, hibah tanah seluas 3.294 m2 untuk Gedung Kantor Pertanahan Kota Kendari senilai Rp5.352.750.000, serta hibah tanah seluas 2.378 m2 untuk Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Kepulauan senilai Rp50.400.000.

Jurnalis: Agung Nugroho