PALANGKARAYA – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu Pendidikan Universitas Palangka Raya (LP3MP UPR) melaksanakan Workshop Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) pada Rabu (29/5/2024) di Gedung Rektorat.

Suprayitno selaku Koordinator Pusat Manajemen Mutu LP3MP UPR merinci  peserta yang di undang dalam workshop tersebut berasal dari AMI UPR sebanyak 106 orang, auditor ISO 9001:2015 sebanyak 11 orang dan ketua unit penjaminan mutu ditingkat Fakultas dan Pascasarjana sebanyak 9 orang.

Ketua LP3MP UPR, Berkat menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai bagian penting dalam upaya LP3MP untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas bagi semua Auditor AMI-SPMI yang ada di Universitas Palangkaraya.

“Harapan nya kedepan bahwa penjaminan mutu disetiap prodi dan fakultas yang ada di universitas Palangkaraya menjadi sebuah kebiasaan sehingga bukan hanya sekedar syarat formalitas untuk akreditasi,tetapi sebagai bagian penting dalam mengoptimalkan setiap layanan yang bermutu”.ungkap nya

Berkat menyebut, lahirnya Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 menjadi salah satu bagian penting ke depan bagi LP3MP dan juga semangat baru dalam mengakomodir berbagai kebijakan yang ada dalam permendikbudristek No.53 Tahun 2023 di UPR khususnya terkait penjaminan mutu.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof Salampak menekankan pentingnya sistem penjaminan mutu yang ada di Universitas Palangka Raya untuk menjadi program penting di Fakultas, Prodi dan semua Unit yang ada di UPR.

“Berbagai kebijakan baru Kemendikbudristek harus mampu di implementasikan dengan baik di Universitas Palangkaraya ke Depan nya”.

Menurutnya saat ini UPR yang sudah berstatus Badan Layanan Umum dan banyak tugas berat juga menanti khususnya kinerja dalam mengoptimalkan mutu di Universitas Palangkaraya.

“Sehingga Perlu adanya kerjasama yang baik dan kerja keras semua pimpinan di semua Level penting, kiranya agar kedepan UPR dapat menjadi unggulan dalam berbagai layanannya,” jelas dia.

Salampak berjanji akan terus mengawal semua unit agar dapat bekerja dengan baik dalam menciptakan suasana akademik yang unggul dan berkarakter di Universitas Palangka Raya.

Jurnalis: AF