JAKARTA – Dewan Pengurus Wilayah PKB DKI Jakarta resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta.

Hasil keputusan tersebut diklaim didasarkan pada aspirasi dari seluruh kader dan simpatisan PKB pada tingkat ranting PAC, DPC, hingga DPW di Jakarta.

“PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal, yaitu untuk mencalonkan di 2024-2029,” kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas dalam konferensi pers, Rabu (12/6/2024).

Menurut dia, DPW PKB telah menggelar rapat kerja desk pilkada untuk persiapan Pilkada Serentak di wilayah DKI Jakarta. Mereka menggelar rapat di kawasan puncak pada 8-9 Juni lalu.

Berdasarkan keputusan tersebut, DPW PKB memerintahkan seluruh kader dan simpatisan partai untuk mulai bergerak melakukan sosialisasi dan mempersiapkan pemenangan bagi Anies pada pilkada mendatang.

Meski demikian, keputusan DPW ini masih belum bisa dipastikan apakah juga akan menjadi dasar keputusan politik DPP PKB soal Pilkada Serentak 2024. Hingga saat ini, DPP PKB memang belum mengumumkan dukungannya kepada calon pada pilkada.

Kabar kembalinya Anies pada kontestasi politik di DKI Jakarta semakin kuat dalam beberapa pekan terakhir. Mantan calon presiden pada Pemilu 2024 ini pun sudah memastikan akan kembali maju jika mendapat dukungan dari partai politik atau pun koalisi.

Anies sendiri memang memiliki kans untuk maju dengan kendaraan politik pada koalisi perubahan yang beranggota Partai Nasdem, PKB, dan PKS. Akan tetapi, hanya PKB yang sudah memastikan akan mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.