PALANGKA RAYA – Mahasiswa Prodi kimia Universitas Palangka Raya (UPR) bekerjasama dengan salah satu pelaku UMKM Jasuke Citra Raya di Jalan Halmahera, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Jasuke merupakan salah satu jenis usaha yang menggunakan jagung manis sebagai bahan baku produk usahanya. Mahasiswa Prodi kimia UPR melihat adanya potensi produk hasil samping dari usaha jasuke, yaitu tongkol jagung.

Setelah melalui riset studi pustaka, ditemukan bahwa ekstrak tongkol jagung mengandung SPF karena mengandung senyawa fenolik yang tinggi. Mahasiswa Prodi Kimia UPR segera menggunakan kesempatan tersebut untuk digunakan sebagai bahan dalam produk lip balm.

Latar belakang dari pembuatan produk lip balm ini adalah bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang tengah dilaksanakan oleh tim mahasiswa Prodi kimia UPR.

Tim dengan nama NEOCELA ini memproduksi lip balm yang menggunakan ekstrak tongkol jagung dengan berbagai ekstrak bahan alam lainnya.

Pembuatan lip balm dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi bibir kering, pecah-pecah serta kusam yang diakibatkan oleh panasnya cuaca pada masa ini. Lip balm ini pun diinovasikan oleh NEOCELA dengan menggunakan ekstrak tongkol jagung sebagai UV protection dari sinar matahari, serta berbagai ekstrak bahan alam lainnya yang berfungsi untuk menutrisi bibir dan pewarna alami.

Produk Lip balm NEOCELA tidak hanya hadir sebagai solusi praktis dalam membantu merawat kesehatan bibir, tetapi juga memperkenalkan penggunaan dari bahan alam lokal terkhusus bahan asli Kalimantan yang akan berkelanjutan dan inovatif.