PALANGKA RAYA –Mahasiswa Kimia Universitas Palangka Raya (UPR) menghadirkan terobosan terbaru didunia parfum dengan memodifikasi sediaan produk parfum dalam bentuk solid.

Solid parfume tersebut diciptakan oleh Vionae Igeshy Daniella, Leony Wulandari, dan Diah Panjar Arum, merupakan Mahasiswa Prodi Kimia, Universitas Palangka Raya Angkatan 2023.

Terciptanya produk tersebut berawal dari kegundahan mereka menganai penggunaan parfum spray yang terkadang membuat iritasi bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif dan berdasarkan peluang akan kebutuhan penggunaan skincare setiap tahunnya terus meningkat.

Berdasarkan hal tersebut maka terciptalah produk solid parfume yang mereka diberi nama “SOLAREBO” Solid Parfume Essence Borneo. Parfum tersebut terinspirasi dari sejarah kearifan lokal Kalimantan Tengah yang menjadi salah satu komoditas rempah wangi tanah Dayak pada abad ke 19.

Tumbuhan tersebut adalah sintok (Cinnamomum sintoc blume) atau yang biasa dikenal dengan sebutan sintuk bagi warga lokal dayak.

Solid Parfum Essence Borneo  (Solarebo) terinspirasi dari aroma sintuk yang memberikan sensasi spicy, kesegaran dan woody yang menggambarkan akan keindahan hutan Kalimantan.