JAKARTA –  Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjadi korban penembakan saat kampanye di Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). Hal tersebut menambah daftar kelam upaya pembunuhan terhadap presiden ataupun mantan presiden di Amerika Serikat.

Pakar Politik Amerika Serikat, Jerry Massie mengatakan, upaya serupa pernah terjadi 2016 lalu. Donald Trump pernah ditembak di Nevada Las Vegas, namun lolos dan selamat.

“Ini upaya menggagalkan pencalonan presiden Trump yang kedua untuk Amerika Serikat,” kata Jerry Massie dalam keterangannya, Minggu (14/7/2024).

Dia menyebut, tercatat ada 4 kali upaya pembunuhan Donald Trump. Dua kali saat kampanye pilpres dan 2 saat menjabat presiden Amerika Serikat.

“Ada 4 presiden AS mati di tembak, Jhon Kennedy tewas ditembak, faktornya Jhon Kennedy beragama katolik. Presiden Amerika Serikat ke-35, dibunuh saat berkendara dalam iring-iringan mobil kepresidenan di Dealey Plaza, Dallas, Texas. Kemudian Abraham Lincoln faktor dia bebaskan kukit hitam dan James Garfied dari Ohio serta William Mc Kinley yang tewas 1901,” bebernya.

Sebelumnya, Politikus Donald Trump menjadi sorotan usai mengalami penembakan saat kampanye di Pennsylvania, Amerika Serikat pada Sabtu (13/7/2024).

Trump merupakan eks presiden Amerika Serikat dan akan menjadi calon presiden yang diusung Republik untuk pemilihan umum pada November mendatang. Penembakan terjadi saat Trump sedang menyampaikan pidato di depan pendukungnya.

“Barangkali ini faktor politis lantaran saat ini beda antara Trump dan Biden (Joe Biden) selisih 4 persen. Di 7 battleground state Trump menang. Rata-rata di atas 3 persen seperti Arizona, Nevada, Michigan, Pennyslavania, Georgia, Wisconsin dan North Carolina,” pungkas Jerry.