PALANGKARAYA – Mahasiswa kedokteran Universitas Palangka Raya (UPR)Kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, mahasiswa program studi kedokteran meraih Medali Emas (Gold Medal) pada lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Jakarta Internasonal Science Fair (JISF) 2024.

Tim yang diketuai oleh Fadilah Siti Syafira, dan beranggotakan Yudha Nugraha, Criven Haliem, Jhonas Dolfin Ginting, Cindhy Theresia Amelia ini di bawah utusan organisasi mahasiswa.

Dalam penelitian tersebut, mereka memanfaatkan kulit jeruk Pontianak yang diformulasi menjadi suatu produk pestisida untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan telur Siput murbai.

“Tema penelitian ini diambil atas suatu kekhawatiran akan dampak telur siput yang menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit meningitis, sehingga kami mencoba untuk mencari agen pestisida antimolusca dengan dampak efek samping yang minim bagi lingkungan yakni dengan memakai bahan limbah kulit jeruk pontianak,” kata Fadilah selaku ketua tim.

Lomba karya tulis ilmiah ini diadakan pada tanggal 27 – 31 Juli 2024 dan diikuti oleh berbagai tim dari kampus dan sekolah di Indonesia maupun di luar negeri seperti Thailand, Hong Kong dan Turki dengan total 163 kelompok peserta lomba.

“Sangat menyenangkan dan sebuah kebanggaan bagi saya dapat berkompetisi dan beradu gagasan dengan peserta lain dan mempresentasikan gagasan saya langsung kepada dewan juri dan Alhamdulillah kami memperoleh hasil yang memuaskan yakni medali emas,” ucap dia.