PALANGKARAYA – Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) FMIPA Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan pelatihan pemberdayaan pertanian.

Pelatihan ini diadakan untuk masyarakat Desa Bukit Rawi yang berlangsung di halaman Perpustakaan Desa Bukit Rawi atau biasa disebut warga di Aula Pasar Lama Desa Bukit Rawi pada tanggal 28 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam bidang pertanian sayur, dengan fokus pada tiga program utama yaitu Himba Sayur, Himba Petak, dan Himba Kompos. Selain itu, dengan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat dengan ketahanan pangan yang dimulai dari keluarga.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLH), Supardin.

“Program ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” kata Supardin.

Dia juga menjelaskan Pelatihan ini merupakan salah satu program Tim Pelaksana PPK Ormawa yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Desa Bukit Rawi Melalui Pertanian Terpadu di Lahan Pekarangan Guna Mendukung Ketahanan Pangan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan Hutan”.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Turis, Ketua RT 05 dan Ketua Kelompok Tani Mandiri 1 Desa Bukit Rawi.

Mereka memberikan materi tentang Himba Sayur dan Himba Petak dan Fitriani sebagai pemateri pembuatan ekoenzim.

Jurnalis: AF