PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya memulai Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) pada Senin (12/8/2024).

Ketua panitia PKKM UPR tahun 2024 , Sunaryo Neneng menyebut jumlah peserta dari kegiatan tersebut sebanyak 3.400 mahasiswa yang berasal dari 8 fakultas.

“Peserta tersebar di Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (887) , Fakultas Ekonomi dan Bisnis (623), Fakultas Pertanian (432), Fakultas Teknik (426), Fakultas Hukum (348), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (416) dan Fakultas Kedokteran (145) serta Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (123),” kata dia merinci.

Diketahui mahasiswa peserta berasal dari 25 Provinsi dari Total 38 Provinsi yang ada di Indonesia.

Rektor UPR Salampak dalam sambutannya mengatakan jika pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan, agen penggerak dan agen pelopor untuk menghasilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa,” ucap Salampak.

Dia mengatakan, Kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi sejak tahun 2020 telah meluncurkan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka ( MBKM) sebagai upaya memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakat nya.

“Manusia harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil,lincah dan ulet (Powerfull Agile learner). Kebijakan ini di tujukan untuk menyimpankan mahasiswa menjadi lulusan yang tangguh dan relevan dengan kebutuhan jaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045,” pungkas dia.

Jurnalis: AF