PALANGKARAYA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya (FMIPA UPR) menggelar kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Kontribusi Sains dan Teknologi Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Potensi Lokal dalam Mendukung Perwujudan Sustainable Development Goal”, Sabtu (5/10/2024).

Rektor UPR berharap agar seminar nasional tersebut dapat menjembatani kolaborasi antar disiplin ilmu dan memberikan kesempatan bagi para akademisi.

“Seminar ini diharapkan dapat menjadi platform bagi peserta untuk menyampaikan hasil penelitian terkini, praktik terbaik serta ide-ide kreatif dalam rangka mencapai kemajuan yang berkesinambungan bagi Indonesia, dengan tema lebih spesifik terkait dengan tujuan pembangunan berkelanjutan serta menuju Indonesia Emas 2045,” kata dia.

Dekan FMIPA  Siti Sunaryati menyampaikan bahwa seminar ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara periodik setiap tahun dan tahun ini merupakan tahun ke-6 dimana diharapkan dapat mendukung aktualisasi karya ilmiah dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Narasumber dan akademisi yang hadir juga dapat saling bertukar informasi dan pemikiran sehingga dimasa depan dapat terwujud kolaborasi riset bidang MIPA guna mendukung perkembangan inovasi sains, teknologi dan pembelajaran di era digital,” ucap Siti.

Dalam perhelatan ini diketahui sebanyak 225 peserta dari dalam dan luar UPR mengikuti seminar secara offline dan online yang akan mempresentasikan 87 artikel yang terbagi dalam bidang ilmu kimia, fisika, biologi,matematika, farmasi, sains dan pembelajaran.

Jurnalis: AF