Hukum dan Kriminal

Hati-Hati.! Jangan Percaya Dengan Modus Penggandaan Uang

JAKARTA – Kasus penipuan dengan modus menggandakan uang kembali terjadi. Kali ini, pelakunya adalah mantan pesepak bola yang bermain liga Indonesia, WN Kamerun. Pelaku di bekuk Satreskrim Polres Jakarta Selatan di salah satu hotel di Kemang, Mampang Prapatan, Jaksel.

Tersangka Ndetou Blaisw Filochar alias Blaise Mbote, 38, mantan gelandang Klub Mitra Kukar dan Persiba Balik Papan kini meringkuk di sel Mapolres Jakarta Selatan. Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Bismo Teguh Prakoso menerangkan, kejadian berawal saat polisi menerima laporan dari rekan tersangka soal penggandaan uang.

Baca Juga :  Mayat Perempuan Tanpa Identitas Mengapung Sungai Ciliwung

“Salah satu korban kenal dengan tersangka, modusnya ia meminta untuk menyiapkan mata Dollar Amerika asli kemudian setelah diserahkan pelaku menukar 100 lembar uang palsu yang sudah diberikan cairan hitam nantinya bisa berubah asli,” tutur kasat reskrim. Kamis (19/10/2017).

Pemain bola yang sudah lama menganggur ini mengaku bisa menggandakan uang dua kali lipat bahkan tiga kali lipat. “Korbannya sudah dua orang yang melapor total kerugian mencapai 1.000 Dollar Amerika atau dirupiahkan sekira 130 juta,” tutur Bismo.

Baca Juga :  Curi Motor, Ismail Berkejaran Dengan Polisi Hingga Terluka

Cairan khusus untuk menipu uang palsu dollar dibungkus dengan plastik warna hitam dilakban warna coklat kepada korban. “Uang yang diserahkan korban mengaku digandakan tetapi jangan dibuka saat ada pelaku. Korban boleh membuka saat di rumah nyatanya tertipu,” tegasnya.

Ia juga menambahkan masyarakat harus berhati-hati terhadap penipuan seperti ini. “Jangan mudah percaya mau itu WNI atau WNA. Apalagi tersangka sudah lama menganggur,” tegas mantan Kapolsek Penjaringan. (Hadi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button