NEWSOlahraga

Dispora Tangsel Lakukan Kajian Pembinaan Dan Pengembangan Prestasi Olahraga Melalui Perwal

TANGERANG SELATAN | Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Tangsel telah melakukan kajian untuk peningkatan pembinaan dan pengembangan prestasi Olahraga di Kota Tangerang Selatan. Dari hasil kajian baik secara internal dan ekternal serta dukungan berbagai pihak, guna mencapai sasaran yang diharapkan, maka diperlukan Peraturan Walikota (Perwal) tentang Tata Cara Pendaftaran Organisasi Olahraga sehingga tercapai sasaran yang diharapkan kedepannya.

Ditemui di ruang kerjanya, Ucok AH Siagian, SE, M.Si Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Tangsel, Jum’at (25/10/19) mengatakan, banyak pihak yang memberikan masukan dan dorongan untuk penyusunan Perwal tersebut. Ini menjadi program dengan tujuan pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga di Kota Tangerang Selatan semakin terstruktur dan terprogram lebih baik kedepannya.

Ucok menambahkan, kita secara kontinieu melakukan pertemuan dari berbagai pihak untuk mendapatkan masukan, saran yang positif.  Selanjutnya, masukan tersebut dipaparkan di dalam intenal untuk mengetahui capaian, permasalahan, tantangan, dan kendala serta strategi pembinaan (latihan dan kompetisi) olahraga di Kota Tangerang Selatan.

Tanggapan Berbagai Pihak Adanya Perwal itu

• H. Benyamien Davnie,  Wakil Walikota Tangsel, ” Pengembangan peningkatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya melalui jalur olahraga selain jalur lainnya. Meskipun ada kendala dengan minimnya anggaran sehingga menjadi kendala untuk mengukir prestasi yang lebih dahsyat lagi. Kita tidak pungkiri, memang ada atlet kita meraih prestasi tingkat Internasional, itu terjadi dalam kondisi sarana prasarana yang kita miliki masih belum lengkap tidak sama dengan daerah lain yang lengkap sarana prasarana.”

• Kadispora Tangsel E Wiwi Martawijaya.
“Meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga melalui peraturan Walikota Tangsel. Tentunya ini sangat  sangat penting mengingat akan menjadi penjabaran/penjelasan daei Perda No 7/2017 tenyang penyelenggaraan olahraga. Diharapkan ini menjadi perubahan, inovasi yang bisa mendorong prestasi olahraga di Kota Tangerang Selatan”

• Hj Rita Juwita, Ketua KONI Tangsel
“Perwal ini sangat ditunggu – tunggu oleh KONI Tangsel,  baik para pengurus dan para Cabor,  karena kita akan memiliki dasar aturan sehigga para atlet kita yang berprestasi semakin memiliki pijakan/pegangan kedepannya”

• Iwan, Cabor Takraw :
” Adanya Perwal semakin meningkatkan pembinaan dan pengembangan prestasi atlet Tangsel dan tentunya pelaksanan kedeoan semakin terprogram lebih baik lagi”

• Momon Suherlan,  S.Pd, Cabor Bola Volly : “Kami sangat antusias mendukung terbitnya Perwal ini. Bukan kami saja tetapi cabor-cabor lain sudah lama menunggu lahirnya Perwal yang digagas oleh Dispora melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga. Semoga segera dilakukan sosialisasi ke cabor lainnya”

• Mahfudin Joy, Cabor Bulutangkis :
“Kami sangat apresasi perjuangan Dispora melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga untuk adanya Perwal kedepan. Melalui Perwal ini tentunya sudah ada badan hukumnya, kita semakin semangat dalam pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga kedepannya kedepannya”

• Awang Anwarudin, A.Pd, Cabor Sepakbola
“Adanya Perwal ini dapat meningkatkan prestasi olahraga.  Kami sangat mendukung apa yang di perjuangkan Dispora Tangsel melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga”.

Sementara itu, Ucok menyampaikan latar belakang diperlukan Perwal tentang Tata Cara Pendaftaran Organisasi Olahraga, tentunya untuk peningkatan  dan pengembangan prestasi olahraga di Kota Tangerang Selatan, mengingat diapora harus memiliki data riel semua organisasi olahraga yang tergabung pada induk cabang olahraga masing masing.  Selain itu kata Ucok, melakukan pendataan cabor yang ada di Kota Tangsel sehingga kita memiliki database yang konkret. Semua ini harus tertata kelola dengan baik melalui aplikasi yg segera diluncurkan.

Tujuannya, untuk pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga semakin terprogam karena sudah ada penataan sistem pembinaan olahraga prestasi yang terintegrasi dengan sistem pendidikan dalam rangka pembibitan atlet serta peningkatan prestasi di beberapa cabor seperti sepak bola, bulutangkis, basket, atletik, dan lainnya.

“Adapun cakupan strateginya adalah penataan sistem pembinaan olahraga secara berjenjang dan berkesinambungan berbasis cabang olahraga Olimpiade didukung penerapan sport science, statistik keolahragaan dan sistem remunerasi dan penghargaan.” jelasnya.

Terkait venue, dirinya mengatakan selain yang dikelola langsung oleh Dispora Tangsel,  kita juga dibantu oleh para mitra sehingga semua venue sehari-harinya dapat digunakan masyarakat ataupun para atlet sesuai bidang olahraganya.”akhirnya.

(Glen/Rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close