Tiga Pilar Kebagusan Resmikan Posko Kampung Tangguh Jaya Covid-19 dan Pemberian Bansos

  • Bagikan

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Peresmian Posko Kampung Tangguh Jaya Covid 19 dan Pemberian Bantuan Sosial di Sekertariat Rw. 006 Kel. Kebagusan Jl. Siman Noor Rt. 002 Rw. 006 Kel. Kebagusan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (9/12/2020) kemarin.

Selain Kapolsek Pasar Minggu Kompol Effi M. Zukifli, SH. MH, acara peresmian Kampung Tangguh di hadiri Wakapolsek Pasar Minggu
Akp Nurma Dewi , jajaran PJU Polsek Pasar Minggu, serta unsur tiga pilar kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sejumlah anggota Pokdarkamtibmas Polsek Pasar Minggu dan anggota Mitra Jaya Koramil Pasar Minggu.

Sementara itu, pemberian bantuan berupa Masker Mulut, Face Shields, Pakaian APD dan Hand Sanitizer

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Effi M. Zukifli, SH. MH menyampaikan apresiasi terhadap unsur tiga pilar dan para mitra polri dalam rangka peresmian Posko Kampung Tangguh Jaya Covid 19.

Kapolsek menjelaskan, Pos Kampung Tangguh Jaya ini kemarin secara serentak dijakarta sudah diresmikan oleh bapak Kapolda Metro Jaya, Gubernur DKI dan Pangdam Jaya serta Masyarakat Jakarta.

” Intinya ditingkat kelurahan ini ada pos Kampung Tangguh Jaya sebagai ujung tombaknya di tingkat Kelurahan dan ditingkat Rw. Kebetulan dari hasil laporan kecamatan yang kita dapat bahwa kelurahan kebagusan diantaranya di Rw. 006 ini pada saat di cek masih dalam status Zona merah, ” katanya.

Dikatakan Kompol Effi, Posko tangguh jaya ini dibentuk berdasarkan Kondisi Masyarakat yang terpapar Covid 19, dimana ada Zona Merah masyarakat terpapar Covid 19nya tinggi maka disitulah dibentuk Posko Kampung Tangguh.

Baca Juga :  Covid Dimana-mana, Jakarta Kehabisan Tabung Oksigen

Maksud dan kegunaannya dibentuk adalah dibentuk untuk bisa menurunkan masyarakat yang tertular Covid 19.

” Alhamdulillah saya lihat tabel disini sudah ada penurunan, ” tutur mantan Kapolsek Curug.

Ada beberapa Kegiatan yang harus kita lakukan diantaranya Kita harus mengawasi keluar masuknya warga dan tamu, yang pertama ada pemeriksaan suhu tubuh, pengecekkan riwayat perjalanan jangan sampai membawa Cluster baru yang dapat menularkan, kemudian pelayanan yang harus disampaikan adalah Pelayanan kesehatan sekali waktu kita undang Puskesmas Kelurahan untuk melaksanakan kegiatan Rapid atau Swab test, kemudian disini mungkin belum ada ruang isolasi untuk warga yang terpapar ditempat lain sudah ada Ruang Isolasi ditingkat RW, jadi ada rumah yang disewa untuk ruang isolasi warga yang terpapar Covid 19, dan Pemberdayaan Komunitas untuk pencegahan penyebaran Covid 19 ini, kemudian Pemberdayaan Lingkungan untuk membuat dapur umum agar warga yang terpapar tidak keluar kemana mana.

Effi berharap, apa yang sudah dicanangkan oleh pemerintah supaya kita bisa menekan angka penyebaran Covid 19 kita bisa laksanakan.

Leo Yudhantara Harahap Lurah Kebagusan dalam sambutan menyampaikan Kelurahan Kebagusan, kecamatan Pasar Minggu termasuk dalam Warga yang terinfeksi Covid 19 tertinggi, data tersebut dicatat dari bulan Maret 2020. Saat ini sampai dengan sekitar 460 orang.

“Upaya kami dibantu ketua RW dan RT sungguh luar biasa sekali, ketika ada salah satu warga yang terinfeksi ketua RW dan RT juga memperhatikan bagaimana untuk mencukupi kebutuhannya diantaranya makan.

Baca Juga :  HUT Persija ke-92, Gubernur Anies Tegaskan Komitmen Pembangunan Stadion

“Insya Allah dengan adanya Posko tangguh jaya dapat membantu warga untuk menekan jumlah pasien Covid 19,” kata Leo.

Lingkungan ini perlu adanya koordinasi antar instansi dan mudah mudahan dengan adanya Posko Tangguh Jaya ini lebih cepat, terarah dan terukur serta tidak ada penambahan jumlah warga yang terinfeksi Covid 19.

Peltu Billy Andri mewakili Danramil Pasar Minggu, menyampaikan
kegiatan apa yang dilakukan di RW. 006 ini dari Pihak RT. Dan tokoh masyarakat sangat antusias.

“Saya salut hampir tiap malam melaksanakan Patroli Gabungan, itu suatu wujud untuk penanggulan Covid 19. Dengan adanya melaksanakan Cipkon menghimbau 4 M kepada Warga. Mudah- mudahan dengan adanya Posko ini menjadi contoh untuk di lingkungan RW Lain,” katanya.

Sementara Subandi Ilyas, Ketua RW 006 Kel. Kebagusan juga sebagai Ketua Gugus Covid 19 RW. 006
mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Pasar Minggu dengan arahannya dan peresmian Posko ini., mudah mudahan Covid 19 ini bisa berkurang.

” Saya memohon petunjuk dari Bapak Kapolsek, bapak Lurah dan sesepuh dilingkungan RW. 006 dalam penanggulangan Covid 19, karena warga kita masih ada yang terpapar Covid-19. Saya berharap dengan ditunjuknya sebagai Kepala Posko Kampung tangguh RW. 006 ini, memacu saya agar lebih giat, mudah mudahan kita semua diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.” Pungkasnya.

Penulis   : Bintarsih

Editor      : Noval Verdian

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *