NasionalSerba - Serbi

Sambut HPN 2021, Ketum AWDI: Pers Harus Jaga Independensi dan Berimbang

Ketuan Umum AWDI, Iwan Pane

JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM– Dalam rangka Hari Pers Nasional ( HPN) 2021 yang di selenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari, DPP AWDI (Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia ) berpesan kepada semua insan pers bahwa di zaman era globalisasi kita harus mengikuti kemajuan zaman.

Dimana media masa sudah mulai berkembang dari mulai Televisi, Radio, media cetak, media online dan lainnya.

Persaingan dunia bisnis di bidang media masa pun makin ketat, namun jadikanlah persaingan itu menjadi pendorong untuk lebih profesional lagi baik dalam hal pemberitaan atau pun dalam penyajian isi berita yang di sampaikan.

Ketua Umum DPP AWDI Pusat Iwan Pane, didampingi Bendahara Umum AWDI Rusman nuryadin, berpesan kepada insan media di seluruh tanah air harus menjaga Independensi dan harus berimbang.

Baca Juga :  FWJ Apresiasi Gerakan Rebranding SMK di Masa Pandemi COVID-19

“Juga mandiri dalam menyuguhkan pemberitaan dan bagaimana media itu bisa sebagai pilar demokrasi dalam peran serta dan tanggungjawabnya, Jurnalis dan awak media harus mampu mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan,” tegas Ketum AWDI.

Lewat peringatan Hari Pers Nasional ini, sajian-sajian berita yang disuguhkan ke publik, bisa merangkum fungsi pers tersebut, yang berisikan informasi sehat, mengedukasi, menghibur dan mendidik untuk mencerdaskan serta sekaligus menjadi sosial kontrol di negara republik indonesia.

Beliau menyebut, independensi pers telah diatur pada Undang-Undang Pokok Pers nomor 40 tahun 1999.

Baca Juga :  Selain Sembako Pemerintah Juga Akan Kenakan PPN Untuk Sekolah

“Untuk menjaga netralitas tersebut, jurnalis maupun media, harus mampu memposisikan diri dan harus bisa memberikan porsi pemberitaan yang berimbang,” imbuhnya.

Sekretaris Jendral AWDI, B. Wadja menambahkan, Penyelenggaraan Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh semua insan Pers.

“yang bertujuan sebagai bentuk kemerdekaan pers dalam membantu bangasa dan negara republik indonesia untuk memberikan wawasan dan pendidikan secara menyeluruh,” ujarnya.

Ia pun mengucapkan Selamat Hari pers Nasional (HPN) 2021.

“Karena profesi kita melekat, mari kita terus berkarya, jangan lelah menebar berita sesuai ketajaman pena untuk sebanyak-banyaknya menebar kemanfaatan, Pungkasnya.

(Amor)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button