Internasional

Raja Salman Jadi Pemimpin Negara Paling Kaya

Raja Salaman Bin Abdulaziz Al Saud

JAKARTA, INDONESIA PARLEMEN – Sebagian pemimpin negara di dunia banyak dikenal karena sosoknya dan juga dengan jumlah kekayaannya. Keluarga besar Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud juga dikenal sebagai keluarga kerajaan yang super kaya.

Tercatat belum lama ini kekayaan keluarga besar Al Saud diprediksi mencapai US$ 1,5 triliun atau setara Rp 21.000 triliun (kurs Rp 14.000/US$). Kekayaan ini mulai diakumulasi sejak tahun 1700.

Kekayaan kerajaan melonjak dengan dimulainya eksplorasi minyak besar-besaran di negara itu. Keluarga kerajaan mengontrol perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco yang tercatat di Bursa Tadawul.

Perusahaan mereka inilah yang memegang rekor cadangan minyak mentah terbesar kedua dan penghasil minyak harian terbesar. Inilah bagaimana keluarga Al Saud menjadi kerajaan terkaya di dunia, bahkan lebih makmur daripada keluarga kerajaan Inggris sebagaimana dilansir TheRichest.

Tapi tidak semua klan tersebut kaya raya, karena hanya 2.000 anggota keluarga besar Al Saud dari total 15.000 yang memiliki sebagian besar kekayaan. Anggota inti ini membentuk ‘House Of Saud.’

Dari kekayaan yang bernilai fantastis itu, ada tiga anggota kerajaan yang memegang peranan dominan dalam mengurusi seluruh kekayaan itu. Mereka adalah Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, pewarisnya dan Putra Mahkota, Mohammad bin Salman (MBS), dan keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

Penulis: Redaksi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button