JAKARTA, INDONESIAPARLEMEN.COM – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) melaksanakan acara Pelantikan Pengurus DPP Forkabi periode Tahun 2021-2026 dan sekaligus Peringatan Milad Forkabi ke-20 yang bertempat di gedung Menara 165, Jalan TB. Simatupang Kav 1, Cilandak, Jakarta Selatan. Minggu (2/5/2021) sore.

Dalam acara pelantikan itu diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) susunan dari pengurus DPP Forkabi dan Ketua Umum terpilih yang dilantik langsung oleh Ketua Majelis Pertimbangan Tinggi (KMPT) DPP Forkabi Mayjen TNI. Purn. Nachrowi Ramli yang turut didampingi Sekjen DPP Forkabi H. Anwar Albatawi.

Diketahui sebelumnya, dalam pelantikan tersebut Ketua Umum (Ketum) DPP Forkabi terpilih yaitu Muhammad. Ichsan adalah merupakan hasil keputusan dalam Musyawarah Besar (Mubes) V Forkabi yang digelar di Vila Griya Wirakarya, Ciburial, Cisarua, Bogor pada sabtu, 27 Februari 2021 yang lalu.

Ditemui media usai acara, Ketua Umum Forkabi terpilih, Muhammad. Ikhsan menyampaikan salah satu program prioritas kedepannya adalah saat ditengah masa pandemi ini akan menghimbau kepada seluruh anggota untuk membantu dan mensukseskan vaksinasi nasional.

Karena, tanpa peran serta ormas membangun kesadaran untuk bervaksin, tentunya cita-cita pemerintah untuk menyelesaikan memutuskan mata rantai vaksin tidak tercapai.

“Ormas Forkabi adalah ormas kedaerahan, saya akan merangkul semua ormas kedaerahan lainnnya dalam merajut kesadaran dalam membangun bangsa Indonesia serta untuk mensukseskan vaksinasi nasional,” kata Ikhsan kepada awak media.

“Sekarang bukan jamannya, saling menunjukkan eksistensinya, karena ormas itu tujuannya baik, yaitu untuk membangun kesadaran dan jiwa kebangsaan melalui ormas. Jadi saya ingin merangkul semua ormas yang ada di se-jabodetabek untuk bersatu dan bersama – sama membantu pemerintah dalam membangun pertumbuhan ekonomi bangsa dan negara yang kita cintai ini,“ tambahnya.

Ikhsan juga berharap mudah – mudahan masa pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga pertumbuhan ekonomi pemerintah dan negara bisa bangkit dan normal kembali.

Lebih lanjut, Ikhsan menambahkan, bahwa dalam berorganisasi itu jangan kita hidup di organisasi atau mencari hidup di organisasi akan tetapi mari kita hidupkan organisasi.

Artinya, kita sebagai kader organisasi, jangan mencari makan di organisasi tetapi bagaimana kita dapat menghidupkan dan membesarkan organisasi kedepan dengan mencurahkan tenaga, pikiran dan kreatifitas kita untuk kemajuan dan kebesaran organisasi Forkabi kedepan.

“Jika hal itu yang kita lakukan, tentunya kedepan organisasi Forkabi akan semakin sejahtera dan semakin berkembang lebih besar lagi.”jelasnya.

Ikhsan juga mengatakan bahwa dalam susunan pelantikan kepengurusan DPP Forkabi periode 2021-2026 itu, ditempatkan kader lama 60% dan 40% kader baru. Ini bagian pengkaderisasian di dalam tubuh organisasi DPP Forkabi. Karena, ormas Forkabi merupakan ormas lintas partai.

Oleh karena itu, ketika ada orang betawi ingin berpartai dan dia juga ada di Forkabi, maka intelektualitas terhadap pemahaman organisasinya itu akan semakin kuat sehingga ketika di partai politik dia bisa bersaing secara sehat.”terangnya.

“Kaderisasi itu sangat diperlukan dalam penyegaran organisasi, guna memberikan peluang dan kesempatan bagi kader yang memiliki kemampuan dan rasa tanggungjawab dalam membesarkan organisasi Forkabi kedepannya,“ujar Ikhsan.

Disisi lain, saat ditanya adanya dualisme ditubuh ormas Forkabi, Ikhsan menegaskan bahwa ormas Forkabi tidak ada dualisme tetapi hanya berbeda paham di legal stending organisasi. Karena di organisasi itu dasarnya UU No 17 tahun 2015 tentang keormasan yang dipayungi dua institusi yaitu Depdagri melalui SKT dan SK Kemenkumham. Keduanya itu sudah kita miliki sehingga jelas legalitas.

“Sekali lagi, saya tegaskan ormas Forkabi tidak ada dualisme kepemimpinan. Namun jika ada beda paham itu adalah dinamika dalam berorganisasi. Intinya, nanti kita tetap akan melakukan konsolidasi dan akan merangkul mereka. Karena mereka juga adalah saudara kita semua,”tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ikhsan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa dalam memasuki musim mudik lebaran tahun ini, mari kita patuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik.

“Saya mengajak kepada saudara kita yang dari luar daerah dan yang tinggal di Jakarta agar dapat mematuhi dan menjalankan anjuran pemerintah, sehingga nantinya tidak akan terjadi timbulnya cluster baru yang juga akan terdampak dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 yang tidak terwujud secara maksimal.

“Ayo saudara-saudaraku, kita tidak usah mudik. Mari kita bersama-sama berlebaran di Jakarta bersama dengan kaum Betawi dan ormas Forkabi,”pungkasnya.

Diakhir penghujung acara, dilakukan penandatangan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Tinggi (KMPT) Forkabi Mayjen TNI. Purn. Nachrowi Ramli dan Ketua Umum terpilih DPP Forkabi Muhammad. Ikhsan serta pemberian cenderamata kepada Perwakilan Pemkot DKI Jakarta, Perwakilan Polda Metro Jaya, Perwakilan Pangdam Jaya, Perwakilan Kemendagri, Ketua Lembaga Budaya Betawi, Rektor ISTA Jakarta, Ketua Masyarakat Sulawesi Selatan, Ketua Masyarakat Tionghoa, Ketua Bamus Betawi 1982 dan H Nurdin Halid Ketua Dekopin Nasional.

Reporter: Glen