Anak-anak Jadi Fokus Utama Pencegahan Covid-19 di Jakut

  • Bagikan
Foto : FKDM Pademangan Bagi-Bagi Masker Anak

JAKARTA – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Pademangan bersama unsur Tiga Pilar (Pemerintah, TNI, dan Polri) membagikan masker anak. Kegiatan ini menyusul maraknya anak yang mulai terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua FKDM Kecamatan Pademangan, Ratih, mengatakan, 250 lembar masker anak telah dibagikan kepada warga di kawasan Rukun Tetangga (RT) 08, 014, 015 Rukun Warga (RW) 012, Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.

Pembagian masker anak secara gratis dilatarbelakangi maraknya anak yang belum mematuhi protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Ini merupakan hasil deteksi dini kewaspadaan kami sebagai FKDM, banyak anak-anak yang terserang Covid-19. Kami bagikan masker anak agar mereka tidak terkena Covid-19,” kata Ratih, saat ditemui di kawasan RT 08, Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (1/7).

Baca Juga :  Warga di 8 Pulau Pemukiman Dapat 2.300 Masker Medis Gratis

Dia berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian bersama terhadap pencegahan Covid-19, utamanya pada anak. Dalam kesempatan yang sama, petugas juga menyosialisasikan vaksinasi anak usia 12 tahun ke atas kepada masing-masing orang tua di lokasi tersebut.

“Langkah dari FKDM sebelum ini pun kami sudah berbuat dari Maret 2020 lalu. Kami sudah turun ke lapangan saat pertama kalinya Covid-19 ada dan sampai saat ini masih terus berjuang supaya Covid-19 segera berakhir,” jelasnya.

Ditemui di Kantor Kecamatan, Camat Pademangan, Mumu Mujtahid, menerangkan orang tua (dewasa) harus menjadi contoh penerapan protokol kesehatan kepada anak. Minimal mereka (anak dan orang tua) harus selalu memakai masker di luar rumah serta saat berinteraksi dengan orang lain di dalam rumah.

“Saya menghimbau kepada orang tua dalam beraktivitas apapun selalu menggunakan masker. Anak-anak itu perlu contoh dari orang tua, perlu pembiasaan. Jadi kalau tidak ada contoh, mereka merasa tidak pakai masker itu tidak apa-apa, padahal sebaliknya mereka harus menggunakan masker,” jelasnya.

Baca Juga :  Lapas Khusus Gunung Sindur Gelar Swab Test Serentak

Warga RT 014/012 Kelurahan Pademangan Barat, Rosidah (32), mengucap terima kasih atas pembagian masker anak ini. Pembagian masker ini menjadi contoh edukasi bagi anak, maupun dewasa sekalipun.

“Alhamdulillah putugas di sini baik-baik. Anak di sini dibagikan masker. Kita juga terus dikasih tahu selalu menerapkan protokol kesehatan biar ngga terkena Covid-19,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini, petugas turut menempelkan stiker bertuliskan Wajib Masker pada setiap warung, rumah maupun gerobak pedagang. Penempelan stiker merupakan salah satu upaya mengampanyekan kebiasaan warga untuk selalu memakai masker sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Reporter  : Bintarsih || Editor : Nova

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *