Foto: ilustrasi peternakan ayam

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga pakan jagung bagi peternak menjadi Rp4.500. Hal itu diungkapkan Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Yudianto Yosgiarso saat diundang Jokowi ke Istana Negara, Jakarta.

“Kami sangat menagih janji ini. Karena pada saat ini, khusunya kami para peternak telor ini mengalami kerugian cukup besar,” kata Yudianto, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Dikatakan Yudi, saat ini harga jagung di pasar dipatok sebesar Rp6.000. Dia berharap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dapat memastikan harga jagung untuk peternak sesuai dengan janji Jokowi.

“Dengan demikian maka satu sisi harga pokok produksi (HPP) dari peternak bisa turun, sehinga peternak dapat mengurangi kerugian,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Putera Blitar Sukarman menyebut Jokowi akan menyediakan 30 ribu ton jagung yang akan dijual dengan harga Rp4.500. Pihaknya berharap pemerintah dapat menyetok pakan jagung melalui Bulog maupun BUMN.

“Agar pada saat tidak ada panen jagung, stok itu akan dikeluarkan sehingga harga bisa stabil,” jelasnya.

Sebelumnya, seseorang terekam video tengah membentangkan poster di pinggir jalan saat mobil Jokowi melintas di Blitar, Jawa Timur. Poster tersebut bertuliskan ‘Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar’.