Foto: ilustrasi operasi patuh jaya

MEDAN – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dan jajaran akan menggelar Operasi Patuh Toba 2021 yang dilaksanakan secara serentak, Senin (20/9/2021).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menyampaikan, Operasi Patuh Toba 2021 digelar selama 14 hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tertib dalam berlalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Ia menjelaskan, selama digelarnnya Operasi Patuh Toba 2021 personil harus mengedepankan sikap humanis, simpatik dan edukatif untuk meningkatkan simpatik masyarakat.

“Karena situasi masih dalam penyebaran Covid – 19, Operasi Patuh Toba 2021 berfokus dalam upaya penanganan memutus mata rantai Pandemi Covid -19,serta mencegah terjadinnya kerumunan massal,” Ungkapnnya.

Ditegaskannya, selama Operasi Patuh Toba 2021, Polda Sumut dan jajaran tetap memberikan sangsi tegas kepada setiap pelanggar yang terbukti melanggar lalu lintas.

“Seperti tidak memakai Hhelm, tidak membawa dokumen kendaraan, kendaraan tidak sesuai spesifikasi teknis dan melanggar rambu rambu lalu lintas,” terang Hadi.

Sementara pos-pos penyekatan yang ada di PPKM level 4 tetap beroperasi dalam menekan mobilitas kendaraan masyarakat dimasa Pandemi Covid -19.

“Diharapkan selama Operasi ini kecelakaan lalu lintas di Sumatera Utara menurun dan terpenting adalah kesadaran masyarakat berlalulintas semakin tinggi serta upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid -19, dapat membuahkan hasil,” pungkasnnya.

Reporter: Surya Damanik