Foto: ilustrasi

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut dugaan terdapat 21 pasien terjangkit virus Hepatitis Akut Misterius. Dari rincian, terdapat 7 kasus yang menjangkiti usia di atas 16 tahun.

“Dari 21 kasus, termasuk 3 yang meninggal, 14 orang berusia kurang dari 16 tahun. Untuk 7 orang lainnya usia 16 tahun lebih,” ujar Riza Patria dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).
Kendati demikian, Riza mengatakan status ke 21 korban masih belum bisa dipastikan terjangkit Hepatitis Akut Misterius. Untuk mengetahui jenis virus yang menjangkiti memang diperlukan waktu yang tidak sebentar.
“Semua masih dalam proses penyelesaian pemeriksaan Hepatitis. Sehingga semua kasus masih berstatus pending clasification,” ucap Riza.
Sebagai informasi, organisasi kesehatan dunia, WHO, telah mengeluarkan peringatan Kejadian Luar Biasa terkait dengan penyebaran kasus ini.
Jika dilihat dari kasus serupa yang ditemukan di 12 negara lain, penyakit ini menjangkiti anak-anak dengan rentan usia 1 bulan hingga 16 tahun.
Artinya, 7 kasus yang menjangkiti anak dengan usia di atas 16 tahun tidak termasuk dalam kasus Hepatitis Akut Misterius. Namun menurut Riza, hal ini memang perlu dikaji lebih dalam lagi.
“Sedangkan 7 orang lain berusia 16 tahun lebih, sehingga tidak masuk kriteria WHO sebagai kewaspadaan Hepatitis Akut Berat yang belum diketahui penyebabnya,” pungkas Riza.