NasDem Resmi Usung Anies, ganjar dan Andika Perkasa jadi Capres 2024

  • Bagikan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam acara Rakernas NasDem di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022)

JAKARTA – Surya Paloh resmi mengumumkan tiga bakal calon presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada Pilpres 2024 dalam penutupan rakernas tersebut. Nama yang diusung yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menjelaskan alasan langkah politik yang diambil partainya dengan mengumumkan calon presiden lebih cepat menjelang Pilpres 2024. Dia menyatakan bahwa figur calon presiden merupakan hal penting dalam membangung koalisi.

“Malam hari ini NasDem sudah mempersiapkan calon presiden yang akan diusungnya pada tahun 2024 yang akan datang, jawabannya sederhana, karena kami tahu diri,” ujar Surya Paloh di lokasi Rakernas NasDem, di JCC Senayan, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga :  Tiga Kesepakatan NasDem dan PKS Hadapi Pilpres 2024

Ketua umum NasDem ini menyebut, NasDem tahu diri bahwa partainya tidak memenuhi syarat presidential treshold sehingga membutuhkan teman koalisi untuk mengusung capres di Pilpres 2024. NasDem kemudian beranggapan bahwa figur capres menjadi bahan pertimbangan penting dalam membangun koalisi. Untuk itu, partai dengan semboyan restorasi itu memutuskan menentukan capres terlebih dahulu.

Baca Juga :  Nadhliyin Pertanyakan Sikap PBNU Bela Tersangka Korupsi Mardani Maming

Dia berujar, ketiga nama tersebut dipilih berdasarkan rekomendasi dari 34 Dewan Perwakilan Wilayah yang hadir dalam acara rakernas tersebut. Sebanyak 32 dari 34 DPW mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon presiden. Hanya dua provinsi yang tidak mengusulkan nama Anies, yakni Papua Barat dan Kalimantan Timur.

Di bawah Anies, suara terbanyak kedua adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 29 DPW. Selanjutnya ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan 16 suara dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 13 suara DPW.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.