Kematian Kasus Covid-19 Meningkat, DPR Minta Booster Dikebut

  • Bagikan

Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah mencermati tren peningkatan kasus kematian akibat Covid-19. Menurut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, pada Juni 2022 angka kematian harian masih di bawah 10 orang, Juli di atas 10 dan Agustus naik signifikan melewati 20 orang.

“Pada 2 Agustus 2022, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia menjadi yang tertinggi dalam tiga bulan terakhir, yakni 24 orang. Sementara kasus aktif Covid-19 ada 49.048. Jumlah ini naik 1.239 kasus dibandingkan sehari sebelumnya. Kita harus waspadai ini agar tidak semakin melonjak,“ kata Netty dalam keterangan persnya, Kamis, (4/8/2022).

Baca Juga :  Fantastis, DPR Anggarkan Pembelian Gorden Rp48,7 Miliar

Menurut Netty, salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah mempercepat realisasi vaksin booster ke-1 atau vaksin ke-3 yang saat ini masih di bawah 30 persen.

“Cakupan vaskinasi booster ke-1 masih di angka 27 persen. Angka ini masih jauh dari target pemerintah yang 50 persen. Perlu ada strategi khusus untuk mendidik masyarakat agar bersedia divaksin booster,“ ucap Netty.

Baca Juga :  KPK Siap Buktikan Keterlibatan Azis Syamsuddin Beri Suap ke Eks Penyidik

Netty juga mendorong masyarakat agar segera melakukan vaksin booster.

“Vaksin booster perlu dilakukan sebagai upaya melindungi diri dan keluarga dari paparan Covid-19, sekaligus sebagai upaya membangun kekebalan komunitas,” lanjut Netty.

Selain itu, Netty meminta pemerintah meningkatkan testing, tracing serta mengawasi penerapan protokol kesehatan.

“Testing dan tracing penting dilakukan terus menerus untuk mengetahui angka riil kasus serta sebaran penularannya. Prokes juga harus terus digalakkan dan diawasi di tengah melonggarnya disiplin masyarakat,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.