Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melepas minyak goreng di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas 1.200 ton atau setara 1,3 juta liter minyak goreng kemasan sederhana dengan merek Minyakita ke Indonesia bagian timur. Langkah ini salah satu upaya pemerintah untuk menekan harga minyak goreng.

Untuk itu Kementerian Perdagangan (Kemendag) berusaha mencapainya dengan melakukan pemasaran minyak goreng dengan harga terjangkau.

Pendistribusian yang dilakukan dengan jalur tol laut ini dilakukan untuk menstabilkan harga minyak goreng khususnya di daerah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

“Selanjutnya, direncanakan adanya pendistribusian yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, dan Jayapura,” ucap Mendag kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Pelepasan ini turut disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo, hingga Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan.

Nantinya, 1.200 ton minyak merek Minyakita ini akan dijual dengan harga eceran tertinggi sebesar Rp 14 ribu per liter, sehingga harga minyak goreng di Indonesia Timur sama seperti wilayah lain di Indonesia.

Jurnalis: Agung Nugroho