JAKARTA – Kapolsek Siantar Utara, AKP Manaek S Ritonga memiliki harta Rp 11,4 miliar atau lebih kaya dibanding Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memiliki harta Rp 9,2 miliar.

DIkuutip dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang sudah dua kali diserahkan kepada KPK ternyata harta Kapolsek Siantar Utara itu melonjak lebih dari 11 miliar hanya dalam tempo setahun.

Dilihat dari elhkpn.kpk.go.id pada Sabtu (22/10/2022) malam. dalam LHKPN yang diserahkannya terakhir kali pada 10 Maret 2022 untuk pelaporan periodik 2021, Manaek S Ritonga mengaku mempunyai harta Rp 11,4 miliar.

Manaek S Ritonga mengaku harta kekayaannya didominasi tanah dan bangunan. Manaek mengeklaim memiliki tanah seluas 1 juta meter persegi atau 100 hektare di Simalungun, Sumut dengan nilai mencapai Rp 8 miliar.

Selain itu, Manaek juga mengaku memiliki tanah seluas 582 meter persegi di Pematang Siantar dengan nilai Rp 1,1 miliar. Manaek pun memiliki tanah dan bangunan di Pematang Siantar dengan luas 582 meter persegi senilai Rp 2 miliar. Seluruh tanah dan bangunan itu merupakan hasil sendiri.

Tak hanya tanah dan bangunan, Manaek juga mengaku memiliki motor Honda senilai Rp 7 juta, motor Yamaha Solo senilai Rp 30 juta dan mobil Mitsubishi double cabin senilai Rp 150 juta. Selain itu, Manaek S Ritonga juga memiliki harta berupa kas dan setara kas senilai Rp 113,5 juta.

Dalam LHKPN itu, Manaek mengaku tak memiliki utang. Dengan demikian, total harta yang dimiliki Kapolsek Siantar Utara tersebut mencapai Rp 11,4 miliar.

Harta kekayaan Manaek itu naik signifikan dibanding LHKPN sebelumnya yang disampaikan saat baru menjabat sebagai Kapolsek Siantar Utara. Dalam LHKPN awal menjabat yang dilaporkannya pada 23 Maret 2021, Manaek S Ritonga mengaku hanya memiliki harta Rp 134,8 juta.

Saat itu, Manaek mengaku tak memiliki tanah dan bangunan. Dalam LHKPN tersebut, Manaek mengeklaim hanya memiliki motor Honda senilai Rp 8 juta.

Harta Manaek S Ritingo saat itu didominasi harta berupa kas dan setara kas senilai Rp 126 juta. Selebihnya, Manaek tak punya harta lainnya.

Kapolsek Siantar Utara itu juga tak memiliki utang. Dengan demikian, harta kekayaan Manaek S Ritingo saat itu hanya Rp 134,8 juta.

Meski demikian, Manaek memiliiki harta yang lebih banyak dibanding Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam LHKPN terakhir yang disampaikan kepada KPK pada 31 Maret 2022 untuk pelaporan periodik 2021, harta kekayaan Listyo sekitar Rp 9,2 miliar.