Sekjen PDIP HAsto Kristanto bersama Ganjar Pranowo usai memenuhi panggilan DPP PDIP, di Jakarta, Senin (24/10/2022). Dok: Tangkapan layar youtube

JAKARTA- Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo soal pemimpin yang merakyat berambut putih. Menurut Hasto, pemimpin tak ditentukan oleh warna rambut.

“Pemimpin itu tidak ditentukan oleh warna rambut, sebab warna rambut sama belum tentu hati dan pikiran sama. Apa yg disampaikan Pak Jokowi hanya gimik politik,” kata Hasto dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Hasto menilai, pemimpin yang baik lahir dari didikan partai, memahami persoalan rakyat dan memperjuangkannya lewat kebijakan.

Hasto mengatakan pemimpin yang besar lewat kaderisasi partai akan memiliki kepekaan untuk menjawab panggilan sejarah, serta membuat sejarah bagi masa depan.

Menurut dia, pemimpin yang demikian dipersiapkan secara sistemik dengan kesadaran ideologi Pancasila yang kuat dan mendarah daging.

“Di dalam pemimpin seperti itu memiliki energi perjuangan yang tidak pernah padam bagi dedikasi untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Hasto.

Sebelimnya dihadapan ribuan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyarankan masyarakat harus ekstra hati-hati saat memilih pemimpin saat Pilpres 2024.

Jokowi menyebut agar sosok yang dipilih adalah yang memikirkan rakyatnya yang mana hal itu kelihatan dari penampilan.

“Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat,” katanya.

Jurnalis: Agung Nugroho