Foto: ilustrasi Helikopter Polri

JAKARTA – Jenazah Bripda Khoirul Anam, salah satu kru helikopter milik Badan Pertahanan dan Keamanan (Baharkam) Polri ditemukan pada Senin (28/11/2022).

Jenazah Bripda Anam ditemukan di dekat rumpon ikan Rumpong Tengah, Desa Burong Mandi, Belitung Timur, pukul 08.30 WIB.

Jenazah dievakuasi melalui Pantai Pasir Batu, Desa Burong Mandi, sekitar pukul 09.30 WIB dan langsung dibawa ke pos mortem setempat.

“Kini berada di kamar jenazah RSUD Belitung Timur,” kata Kepala Desa Burong Mandi Suhartono, saat dikonfirmasi, Senin. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan juga membenarkan bahwa jenazah Bripda Anam berhasil ditemukan.

“(Nama korban) Bripda Khoirul Anam,” kata Ramadhan kepada wartawan.

Pihak Kabarhakam Polri menduga helikopter dengan nomor registrasi P-1103 yang jatuh di perairan Manggar, Bangka Belitung disebabkan karena cuaca buruk.

Hal itu dikatakan Kabarharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (28/11)

Lanjut ia mengatakan dugaan itu disimpulkan dari temuan-temuan yang diperoleh oleh tim pencarian.

Mulai dari temuan sandaran kursi hingga temuan satu jasad korban yang diduga merupakan salah satu personel di dalam helikopter tersebut.

“Dengan temuan itu dapat disimpulkan pesawat Heli P 1103 jatuh karena cuaca di perairan Manggar,” kata Arief dalam keterangannya, Senin (28/11).

Disampaikan Arief, saat ini tim terus melakukan pencarian terhadap korban-korban lainnya. Diketahui, helikopter tersebut membawa empat orang penumpang.

“Saat ini Tim SAR Polairud, Basarnas , TNI AU dan Polda Babel telah melakukan operasi pencarian,” ucap Arief.

Jurnalis: Agung Nugroho