Aparat kepolisian nampak berjaga di depan Mako Brimob Papua usai Lukas Enembe ditangkap KPK. Dok: Tangkapan layar cctv

PAPUA – Sehari setelah penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa (10/1/2023) situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Jayapura dan sekitarnya terpantau masih aman dan kondusif pada Rabu (11/1/2023).

Dari informasi yang dihimpun, hari ini sejak pagi hingga siang situasi di wilayah kota dan sekitarnya masih aman kondusif. Aktivitas masyarakat seperti biasa, lalu lintas pun nampak berjalan normal.

Begitu juga aktivitas ekonomi seperti di pasar dan Toko sembako tetap memilih buka seperti biasa, begitu juga aktivitas sekolah berjalan seperti biasa.

Meski demikian nampak pasukan Brimob bersenjata lengkap dan mobil baracuda tetap berjaga di sejumlah lokasi rawan seperti di lingkaran Abepura, Daerah Expo Waena, wilayah Entrop dan di Taman Imbi.

Aparat berjaga guna mengantisipasi adanya informasi pergerakan pendukung Lukas Rnembe yang akan melakukan aksi hari ini.

Diberitakan, Gubernur Lukas Enembe ditangkap KPK saat sedang makan siang di salah satu restoran di daerah Abepura pada Selasa (10/1/2023) siang sekira pukul 11.00 WIT.

Gubernur dua periode tersebut lalu dibawa ke Mako Brimob dan selanjutnya diterbangkan ke Jakarta dengan transit di Manado, Sulawesi Utara.

Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi. Namun, karena alasan sakit Lukas tiga kali mangkir dari pemeriksaan KPK. Saat ini Lukas Enembe berada di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.