Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) saat melakukan ketersediaan minyak goreng di pasar, beberapa waktu lalu. Dok: Kemendag

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan jumlah stok bahan pokok pangan jelang bulan Ramadan mencukupi. Stok beberapa bahan pokok seperti gula dan beras dikatakan Zulhas sedang proses untuk masuk ke dalam negeri.

“Mudah-mudahan semua lancar bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe merah mudah-mudahan akan terjamin yang lengkap barangnya. Ada gula sudah mulai akan masuk, beras juga sudah masuk pendekatan stok tersedia cukup,” kata Zulkifli Hasan di Jakarta Selatan, Sabtu (25/2/2023).

Namun, Zulhas tidak memungkiri bahwa harga bahan pokok belakangan ini sedang tidak stabil. Harga bahan pokok bahkan diprediksi naik menjelang bulan Ramadan.

Meski begitu dirinya menyebut Kemendag sudah mempersiapkan antisipasi berupa pemberian subsidi apabila terjadi kenaikan harga bahan pokok semakin tak terbendung.

Menurut Zulhas, kondisi ini normal karena tingginya permintaan terhadap kebutuhan bahan pokok pangan. Bergejolaknya harga pangan hingga saat ini juga dipengaruhi perang dingin Rusia dan Ukraina yang masih berlangsung dan menyebabkan banyak negara menekan produksi pangannya.

Mengenai stok Minyakita yang kerap habis di pasaran, Mendag mengatakan bahwa keterbatasan minyakita merupakan dampak positif dari kualitas yang terlalu baik sehingga menarik minat masyarakat di luar target pasar.

“Minyak goreng Minyakita itu ya terlalubagus jadi semua orang sekarang membeli. Merek-merek premium turun ya tentu kalau semua ke Minyakkita nggak cukup. Padahal itu kan untuk ibu-ibu yang bawah tetapi karena punya kita bagus, kualitasnya juga oke, yang premium pindah,” papar Zulhas.