Foto: ilustrasi

JAKARTA – Petugas lapangan dari Gerakan Kemanusiaan Masyarakat Indonesia (GEMA), Ina mengatakan pihaknya mendapat surat dukungan dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat untuk penanggulangan HIV/Aids. Menurutnya, hal itu sangat dibutuhkan untuk melakukan sosialisasi ke tempat hiburan malam.

Dia mengungkapkan saat ini Gema fokus dalam program penangan HIV/Aids, kesulitan yang kerap kesulitan karena tidak dapat mengakses langsung penjajah seks perempuan (PSP) di tempat hiburan. Karena, pihaknya harus melakukan test VCT atau voluntary counselling and testing di lokasi tersebut.

“Kalau tempat hiburan kelas menengah ke atas, kan dia (Pengelola tempat hiburan malam) minta surat dari Sudinkes, Pariwisata juga surat tugas,” kata Ina di Tambora, Jakarta Barat, Kamis (16/4/2023).

Untuk itu , Gema bersama Karisma tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Komisi Penanggulangan Aids/HIV wilayah Jakarta Barat.Bahkan, pihaknya beberapa bulan lalu telah menyambangi kantor suku dinas pariwisata jakarta barat.

“Belum lama kita ke Suku dinas Pariwisata, tapi pergantian-pergantian terus di Dinas Pariwisata Jakarta Barat,” ucapnya.

Dia berharap, pihak Suku Dinas Pariwisata Jakarta Barat segera membuat surat dukungan terhadap anggota lapangan Gema maupun penggiat lainnya.

Menanggapi hal itu, Hartono selaku Staf Seksi Industri dan Pariwisata dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat mengaku belum lama mengikuti kegiatan yang di maksud.

“Kalau surat dukungan, kita kan punya atasan tergantung pimpinan kita.Tapi kita sampaikan, kalau kegiatan niat yang baik sih.Insyallah dapat dukungan,” ujar Hartono.

Jurnalis: Dirham