Salah satu unit pelayanan di Puskemas Jatinegara, Jakarta Timur. Dok: IP/Udin

JAKARTA – Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dan mahasiswa Poltekes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan sosialisasi tips menjaga kebugaran selama Ramadhan.

Jihan salah satu mahasiswa yang hadir dalam sosialisasi memberikan beberapa tips menjaga kesehatan di bulan puasa.

“Yang pertama menjaga pola makan, memenuhi cairan tubuh, mengkonsumsi makanan gizi seimbang, hindari makanan berlemak dan terakhir jangan lupa beraktivitas fisik,” kata Jihan dalam sosialisasi, Jumat (24/3/2023).

Ernawati team promosi kesehatan Puskesmas Kecamatan Jatinegara mengaku senang dengan kedatangan mahasiswa Prodi D4 Poltekes Kemenkes Jakarta 3.

“Kegiatan mereka salah satunya memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat, karena ini momen nya bulan puasa, saya berharap adik-adik (mahasiswa) juga berpartisipasi dalam momen ini,” kata Ernawati.

Tak hanya di Puskesmas, namun sosialisasi juga dilakukan ke sekolah-sekolah dengan memberikan penyuluhan tentang anemia dan penanganan stunting.

“Kita lakukan pemeriksaan pemeriksaan kadar hemoglobin, kemudian memberikan tablet penambah darah secara rutin kepada anak-anak sekolah khususnya remaja putri,” ucap Ernawati.

Dia berharap dengan adanya edukasi yang diberikan, masyarakat tetap menjalankan ibadah puasa dengan kondisi sehat.

“Kami berharap edukasi yang kami berikan ini dipraktekkan,” pungkas Ernawati.

Jurnalis: Syahrudin Akbar