Presiden Federation International Football Association (FIFA) Gianni Infantino. Dok: ist

JAKARTA- Argentina akan menjadi status tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023 setelah Indonesia dipastikan batal menggelar ajang ini untuk kali pertama.

Presiden Federation International Football Association (FIFA) Gianni Infantino mengatakan kepastian tuan rumah baru Piala Dunia U-20 akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan saat menggelar konferensi pers di kantor CONMEBOL, Kamis (30/3/2023) waktu setempat.

Dalam keterangannya itu, Infantino juga seolah memberi kode Argentina pantas menjadi tuan rumah perhelatan turnamen sepak bola kelompok umur paling elite tersebut.

“Kita semua tahu sepak bola Argentina dan ini adalah negara yang jelas bisa menggelar kompetisi di level ini,” ujar Infantino dilansir dari Daily Mail.

“Dengan tradisi sepak bola di Argentina, ada kemungkinan yang sangat bagus,” ujarnya

Infantino mengaku Argentina telah resmi mengajukan diri maju sebagai tuan rumah kepada FIFA.

“Oleh karena itu, keputusan terkait negara mana yang ditunjuk FIFA akan diketahui dalam dua atau tiga hari mendatang,” tandasny

Sebelumnya status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 milik Indonesia telah resmi dibatalkan FIFA. Keputusan itu diumumkan FIFA melalui rilis resmi pada Rabu (29/3/2023) lalu.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” bunyi pernyataan FIFA.

Pembatalan itu membuat pencinta sepak bola di tanah air dilanda kekecewaan. Pemain dan staf pelatih Timnas Indonesia U-20 juga diliputi kesedihan yang mendalam.