Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Utomo mengunjungi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). Dok: Hum

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, siap untuk memberangkatkan para pemudik.

Hal itu dikatakan Muhadjir setelah memeriksa sarana dan prasarana terminal untuk mudik Lebaran 2023 di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (9/4/2023).

Muhadjir ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Hari ini kami melihat di Kampung Rambutan. Yang kita cek secara umum sudah sangat siap, mulai dari para sopir hingga petugas ticketing,” kata Muhadjir di Terminal Kampung Rambutan.

Muhadjir menambahkan pihaknya juga telah mengecek secara acak kesiapan surat-surat kendaraan, masa berlaku nomor kendaraan hingga uji emisi gas buang kendaraan.

“Mudah-mudahan bus lain yang akan berangkat juga sama, mulai dari persyaratan kelayakan pengendara atau sopir, surat-surat, KIR terutama, tentang kondisi rem, mesin dan seterusnya,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan dari uji petik ini semua menggambarkan seluruh kendaraan yang akan berangkat dari Kampung Rambutan dan beberapa pangkalan di DKI ini memenuhi syarat,” ujar Muhadjir menambahkan.

Muhadjir mengatakan pemudik yang hendak berangkat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Terminal Kampung Rambutan sampai saat ini naik sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk Jawa Barat belum terlihat tanda-tanda kenaikan.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan kesiapan pemerintah daerah memberangkatkan pemudik ke kampung halamannya.

“Pemda siap untuk mengantarkan masyarakatnya kembali ke kampung halamannya,” pungkas Heru.

Jurnalis: Agung Nugroho