Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dok: ist

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan Idulfitri kepada umat Muslim Rusia dan dunia pada hari Jumat (21/4/2023). Dia juga menyampaikan kontribusi organisasi Muslim untuk menjaga dialog antara etnis dan agama.

“Liburan ini, yang sangat dihormati oleh umat Islam di seluruh dunia dan menandai akhir bulan suci Ramadan, memiliki makna spiritual yang penting karena mewujudkan aspirasi masyarakat untuk mencapai kemajuan moral, menunjukkan belas kasihan dan rasa kasih sayang,” bunyi pesan Putin yang diposting di situs Majelis Spiritual Muslim Rusia.

“Dengan sangat puas saya mencatat bagaimana penganut Islam di negara kita menunjukkan rasa hormat yang mendalam terhadap tradisi, sejarah, agama dan budaya mereka yang berusia berabad-abad, dan bahwa mereka memperkenalkan (tradisi ini) kepada kaum muda,” tambah Putin.

Menurut presiden Rusia, Umat Muslim telah menjalani kehidupan yang patut dicontoh dengan perbuatan baik dan perbuatan baik. “Itu telah secara aktif mengembangkan interaksi dengan organisasi publik dan sosial sambil tanpa lelah memperhatikan prakarsa pendidikan dan amal,” kata Putin.

Kepala negara juga menyoroti peran pejuang Muslim dalam operasi militer khusus, yang katanya telah melindungi Rusia, mengambil bagian dalam operasi tempur dengan keberanian dan menunjukkan semangat korps yang mengagumkan. Putin juga memuji kontribusi berharga dari organisasi Muslim untuk menjaga komunikasi antaretnis dan antaragama dan pendidikan patriotik generasi penerus Rusia.