Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Koramil 0710-02/Pekalongan Timur, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023). Dok: Kemhan

PEKALONGAN – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Koramil 0710-02/Pekalongan Timur, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023).

Kedatangan Menhan Prabowo disambut oleh antusiasme warga sekitar berikut Komandan Resimen 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf. Yudha Airlangga dan Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Rizky Aditya

Menhan Prabowo hadir untuk menyerahkan 112 unit kendaraan motor bagi Babinsa Kodim 0710 Pekalongan dalam rangka mendukung tugas dan kelancaran melayani masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Menhan Prabowo juga sempat berbincang-bincang dengan anggota keluarga Babinsa.

“Motor-motor ini untuk melengkapi keperluan operasi saudara-saudara. Dan komando teritorial akan terus diperkuat, termasuk Koramil, Kodim, Korem seluruh Indonesia,” ungkap Menhan Prabowo.

“Komando teritorial adalah tulang punggung dari pertahanan Indonesia. Komando teritorial juga harus menjaga hubungan baik dengan rakyat dan dengan aparat lainnya.

Menhan Prabowo juga sempat mengingatkan warga bahwa sebelum adanya TNI dan Polisi, rakyat Indonesia berjuang merebut kemerdekaan dengan membentuk laskar-laskar.

“Hal itulah yang mendasari lahirnya Republik Indonesia yaitu melalui kekuatan rakyat,” ujarnya.

“Kalau ada bangsa atau negara lain yang akan menganggu Indonesia, seluruh rakyat Indonesia akan membela,“ tegas Menhan.

Menhan Prabowo juga berpesan untuk menjaga kerukunan dan perdamaian, dan agar seluruh aparat, baik TNI, Kepolisian, dan aparat negara lainnya kompak dan bersatu untuk menjaga negara dan bangsa Indonesia.

Menhan Prabowo juga sempat mengucapkan terima kasih atas jerih payah para Babinsa dan jajaran TNI dalam menjaga keamanan dan kekompakan di semua lini.

Menhan Prabowo juga menegaskan kembali pesan dari Presiden Joko Widodo bahwa TNI harus disiplin, TNI-Polri harus kompak dan tidak boleh tidak bekerja sama. Hal ini berlaku untuk semua satuan.

“Jangan mau diprovokasi. Selamat bertugas. Yakinlah bahwa negara kita akan bangkit, kuat, menjadi negara kaya, sejahtera dan makmur,” kata Menhan Prabowo.

Jurnalis: Bambang Santoko