KAI. Dok: IP/Dewo

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, mengoperasikan sejumlah kereta baru yang menghubungkan kota Jakarta, Surabaya hingga Jember, di momen libur panjang yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan cuti bersama Waisak.

Pengoperasian kereta api baru ini untuk mengakomodasi antusiasme warga menggunakan transportasi kereta api. Selain itu, dengan semakin banyaknya perjalanan kereta api turut membantu perekonomian dan wisata di daerah.

Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Sandry Pasambuna mengatakan, salah satu kereta api baru yang mulai di operasikan oleh KAI adalah kereta api jarak jauh, Argo Semeru.

“Kereta api kelas eksekutif ini memiliki relasi dari stasiun Surabaya Gubeng hingga stasiun Jakarta Gambir dan sebaliknya,” kata Sandry Pasambuna, Jumat (2/6/2023).

Menurut Sandry, pengoperasian KA Argo Semeru di stasiun Surabaya Gubeng ini bertepatan dengan momentum libur panjang. “Kondisi tersebut, membuat kereta berkapasitas 450 tempat duduk dari 9 gerbong penuh terisi,” jelasnya.

Penambahan kereta baru jarak jauh ini, imbuh Sandry, diharapkan bisa mengakomodir antusiasme warga yang semakin tinggi untuk menggunakan sarana transportasi massal.

“Pengoperasian kereta baru ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata di daerah,” imbuhnya.

Sandry menambahkan, selama bulan Juni 2023, KAI memberikan tiket promo untuk sejumlah kereta api baru yang mulai dioperasikan.

“Selain Argo Semeru, KAI juga mulai mengoperasikan empat kereta api baru lainnya seperti KA Pandalungan dari Jember ke Jakarta dan sebaliknya,” pungkasnya.

Jurnalis: Dewo