Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menerima delegasi perwakilan Serikat Buruh dari beberapa negara dipimpin Andi Gani Nena Wea, selaku Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC), Rabu (19/7/2023). Dok: Kemenkopolhukam

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menerima delegasi perwakilan Serikat Buruh dari beberapa negara dipimpin Andi Gani Nena Wea, selaku Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC), Rabu (19/7/2023).

Perwakilan serikat buruh dari Belgia, Malaysia dan Jepang telah menyampaikan keprihatinan atas kondisi demokrasi dan berbagai tekanan yang dialami oleh para anggota serikat buruh di Myanmar oleh pemerintah Junta militer Myanmar, untuk menjadi masukan kepada Pemerintah RI sebagai pemegang keketuaan ASEAN saat ini.

Delegasi terdiri dari Monina Wong, ITUC Belgia, Patuan Samosir, ITUC-Asia Pacific, Yoshiko Norimatsu, JTUC RENGO Japan, Apolinar Tolentino, BWI Internasional Malaysia, dan Khaing Zar Aung, CTUM Myanmar, Jerman. Perwakilan serikat buruh mengharapkan peran aktif Indonesia sebagai pemegang keketuaan ASEAN dalam mendorong perbaikan kondisi di Myanmar.

Mahfud menyampaikan, peranan buruh dalam mendukung kehidupan demokrasi termasuk di Indonesia.

“Kaum buruh dimanapun perlu bekerjasama dengan berbagai pihak dan tidak lagi bisa ditekan termasuk di Myanmar,” ujar dia

Dia juga menyampaikan bahwa Pemerintah RI juga mengalami kesulitan dalam melindungi tenaga kerja WNI yang bekerja di Myanmar karena kondisi saat ini di Myanmar. Terlebih pada tenaga kerja WNI yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Dalam kaitan ini negara-negara ASEAN saat KTT Labuan Bajo bulan Mei lalu telah menyepakati untuk bekerjasama menghadapi TPPO.

“Pemerintah RI selama ini untuk masalah sosial yang terkait perburuhan tidak akan meninggalkan kaum buruh dan akan selalu melakukan dialog dengan kaum buruh,” jelas Mahfud.

Jurnalis: Agung Nugroho