JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat inovasi yang memudahkan pelanggan Kereta Api (KA) untuk boarding dengan mudah tanpa harus cetak tiket.

Dengan sistem Face Recognition inovasi dari KAI membuat penumpang mudah tanpa harus mencetak tiket dan menunjukan KTP pada saat ingin boarding, hanya dengan menunjukan wajah langsung terdeteksi dalam boarding gate.

Ingin menggunakan Face Recognition untuk melakukan boarding dengan cepat anda bisa melakukan registrasi melalu Customer Service atau melalui aplikasi terbaru KAI yaitu Access by KAI

Untuk melakukan pendaftaran melalui aplikasi Access by KAI seperti berikut:

1. Masuk aplikasi Access by KAI

2. Login dengan email atau bagi yang belum mempunyai akun KAI by Access bisa melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email

3. Setelah itu pilih menu akun dan cari menu Face Recognition.

4. Lalu, klik Registrasi Face Recognition.

5. Kemudian, Masukan nama sesuai KTP, Nomor KTP dan Juga masukan tanggal lahir semua sesuai KTP, terakhir tinggal foto selfi untuk verifikasi wajah.

Perlu diketahui, untuk pengunaan Face Recognition sudah tersedia di beberapa stasiun besar seperti Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, Malang, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Cirebon.

Untuk Stasiun Gambir, Mulai 1 September 2023 pada gate selatan dikhususkan untuk penumpang yang akan melakukan boarding menggunakan Face Recogniton.

Jurnalis: Dewo