JAKARTA – PDI Perjuangan menegaskan pihaknya tak gentar menghadapi kekuatan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Justru hal itu membuat partai berlogo banteng moncong putih itu semakin kompak hadapi Pilpres 2024.

“Sehingga langkah-langkah itu malah akan menghasilkan suatu energi positif bagi pergerakan seluruh kader PDI Perjuangan,” ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto di sela Rakerda III DPD PDIP Kalimantan Timur di Balikpapan, dikutip melalui keterangan tertulis, Minggu (20/8/2023).

Seperti diketahui, saat ini Prabowo didukung koalisi besar. Selain Partai Gerindra, dukungan berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Tak hanya dukungan dari partai, PDIP tak gentar dengan dukungan yang diperoleh Prabowo dari sejumlah tokoh. Salah satu yang disoroti yaitu dukungan dari kader PDIP, Budiman Sudjatmiko.

Bahkan, deklarasi dukungan dilakukan di Jawa Tengah yang merupakan kandang banteng. Namun, hal itu justru dinilai membangunkan spirit seluruh kader-kader PDI Perjuangan.

Menurut dia, kejadian tersebut mirip dengan Pemilu 2019. Saat itu, Prabowo membangun posko di wilayah Solo yang merupakan tempat asal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Apalagi pengumumannya dilakukan di Jawa Tengah. Ini membangkitkan militansi seluruh kader-kader PDI Perjuangan,” pungkas dia.

Jurnalis: Dewo