JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyampaikan rencana Partai Golkar terhadap Ridwan Kamil usai tak lagi menjabat sebagai gubernur Jawa Barat. Menurut Doli, Golkar mempersiapkan Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada DKI Jakarta atau Jawa Barat (Jabar).

Menurutnya, Golkar belum punya rencana untuk mendorong Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

“Kami juga sudah punya planning buat RK (Ridwan Kamil), kita waktu itu sudah memutuskan untuk mendorong RK menjadi calon gubernur, nanti tinggal pilih dua, antara di Jawa Barat lagi atau di DKI Jakarta,” kata Doli Kurnia di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Dia menekankankeputusan Partai Golkar soal Pilpres 2024 belum pernah ditinjau ulang, mulai dari keputusan musyawarah nasional (munas) hingga rapat kerja nasional (rakernas). Dalam dua forum itu, Golkar telah memutuskan penentuan capres atau cawapres berada di tangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Kalau pun ada keputusan lain, itu pun kewenangan Pak Airlangga yang sudah kita kasih mandat penuh kepada ketua umum kami itu untuk menentukan sikap akhir menentukan pasangan capres dan cawapres,” tegas Doli.

Sementara jika Golkar mengajukan Ridwan Kamil sebagai cawapres di Pilpres 2024, hal tersebut tergantung keputusan Airlangga Hartarto. Keputusan itu juga akan diputuskan melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas).

“Oh ya pasti nanti pasti ada (rapimnas), tentu dimulai dengan rapat-rapat sesuai dengan mekanisme internal, ada rapat internal DPP kemudian nanti sampai ke rapimnas,” ucapnya.

Jurnalis: Dewo