JAKARTA – Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan diperiksa KPK sebagai saksi kasus korupsi pengadaan LNG oleh Pertamina, Kamis (14/9/2023). Dia menyebut sala satu pertanyaan yang dicecar KPK ialah terkait mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan, yang diduga telah menjadi salah satu tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan LNG.

Diketahui Dahlan yang menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2011 sampai 2014, ditanya oleh penyidik KPK mengenai proyek pengadaan gas alam cair oleh Pertamina. Ia menegaskan undangan pemeriksaan dirinya sebagai saksi oleh KPK berkaitan dengan Karen.

“Terkait bu Karen (Agustiawan),” kata dia kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan

Pertanyaan lain dari penyidik KPK kepada Dahlan menyangkut berbagai berkas yang ditandatangani olehnya selama menjabat sebagai Menteri BUMN. Mantan Dirut PLN itu menegaskan tidak ada satu pun pertanyaan dari KPK terkait aliran dana kepada dirinya.

“Ditanya (oleh penyidik) tahu enggak beli-beli LNG. Saya bilang enggak tahu,” ucap dia

Dia menjalani pemeriksaan selama sekitar enam jam sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan LNG di Pertamina. Ia hadir di Gedung KPK Merah Putih Jakarta, sekitar pukul 09.20 WIB lalu keluar dari ruangan pada 15.20 WIB.

Sebelumnya, KPK mengagendakan pemanggilan dan pemeriksaan kepada Dahlan, setelah jadwal sebelumnya pada Kamis (7/9/2023) pekan lalu tertunda. Penjadwalan ulang pada hari ini juga berdasarkan permintaan Dahlan setelah tidak dapat memenuhi panggilan saat itu.

Ini berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan LNG di Pertamina periode 2011-2014 ini KPK disebut sudah menetapkan sejumlah tersangka. Namun, KPK belum merilis secara resmi nama-nama mereka ataupun peran setiap tersangka yang terlibat dalam kasus ini.

Jurnalis: Dewo