JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan informasi dari badan Intelijen baik dari Polri (BIN) maupun TNI (BAIS) adalah makanan sehari-harinya.

“Itu makanan sehari-hari saya, hasil survei mereka (badan intelijen), data-data, angka-angka, semuanya. Pagi-pagi itu sarapan saya,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan informasi dan data dari intelijen merupakan laporan rutin yang disampaikan kepadanya selaku presiden. Laporan tersebut berkaitan dengan politik, ekonomi, keamanan, sosial, dan sebagainya.

“Saya selalu mendapatkan informasi itu baik dari intelijen di BIN, di BAIS, mengenai keamanan di kepolisian, atau dari aliran dana dari PPATK semuanya saya dapat,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku memiliki informasi komplit mengenai kondisi partai-partai politik (parpol) saat ini. Informasi tersebut berupa arah dan keinginan parpol, serta survei terkait partai politik.

“Dalam-nya partai seperti apa saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju ke mana saya tahu. Informasi yang saya terima komplet,” kata Jokowi saat menghadiri Rakernas Seknas Jokowi di Bogor, Sabtu (16/9/2023).

Jokowi mengatakan informasi tersebut berasal dari banyak sumber intelijen, dan hanya dimiliki seorang presiden.

“Dan itu hanya miliknya presiden. Dia (informasi) itu langsung,” pungkas dia.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa ia memiliki informasi komplet dari berbagai sumber mengenai kondisi partai-partai politik (parpol), termasuk keinginan dari parpol tersebut. Hal itu merespons manuver parpol menyambut Pemilu 2024.

Jurnalis: Agung Nugroho