JAKARTA – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Timur  KH.Ma’arif Fuadi MA mendukung dibentuknya Kelurahan Sadar Kerukunan (KSK) di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara  Jakarta Timur.

Hal ini bertujuan agar masyarakat sadar kerukunan umat beragama dilingkungan tempat tinggalnya.

Ketua FKUB KH.Marif mengatakan pembentukan KSK agar dijadikan contoh dan motivasi bagi Kelurahan maupun daerah lain dalam menjaga, membina harmonisasi kerukunan umat beragama.

“Ini bagian dari upaya kita membina dan memfasilitasi umat beragama ditingkat bawah agar menjadi kampung yg harmonis dan damai,” ucapnya, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan ini di hadiri Lurah Cipinang Besar Utara Agung Budi Santoso, Camat Jatinegara Mukhtar, dan Para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi besar adanya Program Sosialis Kelurahan Sadar Kerukunan yang menunjuk Cipinang Besar Utara sebagai Kelurahan yang terpilih di kecamatan jatinegara dari 8 kelurahan,” Kata Lurah Cipinang Besar Utara, Agung Budi Santoso.

Dia menyampaikan, wilayahnya adalah kampung yang sangat rukun agama, budaya, serta suku.

“Namun yang menjadi PR besar di CBU adalah sering terjadi tawuran antar remaja. Semoga dengan terbentuknya Kelurahan Sadar Kerukunan ini (KSK) dapat menetralisir masalah kenakalan remaja khusus nya tauran yang sering terjadi,” ujar Agung.

Tokoh Muda Jatinegara, atau tokoh Muda agama Islam Ustad Eko Suwono yang sering akrab di sapa Ustad Eko juga menghadiri kegiatan tersebut.

“Saya Selalu putra Cipinang Besar Utara sangat senang akan kehadiran perhatian dari Para pengurus FKUB tingkat Kota, karna ini adalah impian saya untuk membangun Cipinang Besar Utara ini menjadi Kelurahan percontohan yang bebas dari segala bentuk konflik, baik agama, suku, budaya serta konflik yang disebabkan kenalakan remaja, apalagi menjelang pemilu 2024,” kata dia

Jurnalis: Syahrudin