JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selaku Ketua GBC Indonesia dan Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan bertemu dalam Malaysia-Indonesia General Border Committee (GBC MALINDO) ke-43 di The St. Regis, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

“Kami berkomitmen menjaga perdamaian keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan kedua negara,” kata Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo menyampaikan bahwa salah satu capaian penting yang patut disoroti adalah keberhasilan patroli bersama antara instansi kedua negara melalui mekanisme coordinated patrol. Selain itu, kedua negara juga berhasil mengaktifkan kembali pos perbatasan bersama antara angkatan bersenjata Malaysia dan TNI setelah pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, kedua negara juga berhasil mendorong kegiatan pengelolaan perbatasan dan inisiatif pengelolaan sosio ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia.

“Kerja sama dan hubungan erat antara Indonesia dan Malaysia sangat memberikan manfaat yang besar terhadap kedua negara dalam menjaga keamanan dan keselamatan di kawasan. Kami bertekad hubungan baik ini akan kami tingkatkan untuk mengokohkan kerja sama agar maksimal,” tutur Menhan Malaysia.

Jurnalis: Bambang Santoko