JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan skema pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada masyarakat Indonesia.

Langkah ini diambil untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena Super El Nino yang saat ini tengah berlangsung.

“Karena ada Super El Nino dan kita tahu ini jangan sampai mengurangi daya beli rakyat, daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember, sebesar Rp 200.000 untuk masing-masing bulan, dengan total mencapai Rp 400.000,” kata Jokowi kepada media saat melakukan kunjungan ke Gudang Bulog Baru Rawang Timur, Padang, Rabu (25/10/2023).

Presiden Jokowi juga turut menyerahkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dalam kunjungan ini. Ia berharap bahwa para KPM akan menerima bantuan ini sebanyak tiga kali hingga bulan November mendatang.

“Ini pembagian bantuan pangan berupa beras untuk bulan September, Oktober, dan November. Saya cek ada yang sudah menerima sekali, ada yang sudah dua kali. Saya kira nanti November semuanya, insyaallah akan selesai tiga kali,” ucap Presiden.

Selain bantuan yang telah dijanjikan hingga November, Presiden Jokowi juga mengumumkan bahwa pemerintah akan menambahkan bantuan pangan CBP pada bulan Desember. “Dan akan kita tambahkan lagi pada bulan Desember. Keputusan ini adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak fenomena El Nino,” lanjutnya.

Presiden Jokowi juga mendorong setiap daerah di seluruh Indonesia untuk tetap menjaga cadangan beras, meskipun produksi beras saat ini berlebih. “Sebetulnya di Provinsi Sumatra Barat ini kan surplus, tetapi apapun yang namanya cadangan beras itu harus ada. Oleh sebab itu, kalau tadi kita lihat di gudang Bulog, cadangan berasnya banyak,” kata Presiden.

Keputusan pemerintah untuk memberikan bantuan BLT El Nino dan memperluas bantuan pangan merupakan upaya konkret dalam menjaga kesejahteraan masyarakat di tengah kondisi iklim yang tidak menentu.

Jurnalis: Dewo