JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas membuka gelaran ASN Culture Festival 2023 di Jakarta, Rabu (22/11/2023). Di tahun ini, terdapat 100 exhibitors yang turut meramaikan ASN Culture Festival 2023.

“Jadi pagelaran festival ttidak lagi harus ketemu disuatu tempat, tetapi mereka juga bisa melakukannya jarak jauh. Bagian dari cara baru,” kata Menteri Anas.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Anas menyampaikan penyelenggaraan Pesta Budaya Kerja yang ketiga kalinya ini menunjukkan antusiasme dan komitmen kuat instansi pemerintah dalam menginternalisasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa secara kontinu. Ia pun sangat mengapresiasi tinggi Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang telah melakukan implementasi penguatan budaya kerja dan turut serta sebagai Exhibitor dalam ASN Culture Festival 2023.

“Itu akan menjadi penilaiannya, siapa both yang paling banyak dikunjungi oleh ASN dan both mana saja yang dikunjunginya. Ini memaksa bagaimana budaya kerja ini terakomodisir tetapi juga tidak harus memboroskan anggaran banyak dan harus dengan cara digital,” ujar Anas.

Dia berharap, kedepannya ASN agar bisa terinternalisasi karena problemnya adaktif. Anak-anak muda diluar pemerintah sekarang sudah sangat cepat berkerja dimana saja, kapan saja, tapi kinerjanya tercepai.

“Target kita kedepan lebih produktif termasuk memaksa hari ini yang kita lihat di ASN Cultire Festival seperti orang tua harus duduk dibawah, menghadapi situasi yang baru, ” ucap Menteri Anas .

Dia juga menyebutkan tahun ketiga ini persertanya sangat banyak jadi ini ada pameran culture festival yang di ikuti oleh pemenrintah daerah (Pemda), nanti akan kita nilai kunjungannya yang paling banyak dan produktif, nanti akan dapat apresiasi.

Lanjut kata Menteri Anas jadi mengunjungi tidak harus mendatangi misalkan sekarang ada inovasi di Surabaya, Medan, Sumedang, Banyuwangi nanti siapa yang paling banyak berkungjung nanti kita harus berbagi inovasi

“Selama ini konvesional untuk melihat inovasi suaru daerah harus kunjungan ke suatu daerah tersebut sudah biaya habis, waktu habis l, perjalanan dinas habis . Tentunya nanti dengan waktu cepat inovasinya dapat tapi bisa diterapkam dimana saja,” tandas Anas.

Nilai Dasar ASN BerAkhlak Diluncurkan oleh Presiden

Sementara itu Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Aba Subgia menjelaskan nilai dasar ASN BerAKHLAK yang diluncurkan oleh Presiden RI pada 27 Juli 2021 telah ditetapkan dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Sesuai dengan pasal 3 ayat (2) bahwa Pegawai ASN mengimplementasikan nilai dasar yang terdiri dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboraitf.

“ASN Culture Festival merupakan pesta perayaan budaya kerja yang diselenggarakan rutin setiap tahun setelah diluncurkannya core values BerAKHLAK oleh Presiden,” ujar dia.

ASN Culture Festival 2023 digelar pada 21 November 2023 hingga 21 November 2024. Pengunjung ASN Culture Festival dapat mengakses laman https://asnculturefest.com/ untuk mengunjungi booth pameran instansi pemerintah yang menjadi exhibitor.

Jurnalis: Agung Nugroho